Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

BI Perkuat Inovasi untuk Layanan Kebanksentralan yang Prima dan Berkelanjutan

by Opi
November 14, 2024
in BERITA TERKINI, EKONOMI & BISNIS
132 2
0
BI Perkuat Inovasi untuk Layanan Kebanksentralan yang Prima dan Berkelanjutan
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview-Bank Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan layanan kebanksentralan yang semakin inovatif, digital, dan efisien, termasuk dalam pengelolaan dokumen. Hal ini diwujudkan dalam berbagai inovasi dalam penyelenggaraan layanan kebanksentralan. Pertama, melalui pembentukan Unit Layanan Single Window (ULSW) yang berperan penting dalam titik kontak koordinasi serta optimalisasi tata kelola data dalam kerangka layanan Indonesia National Single Window. Kedua, inovasi dalam penyelenggaraan layanan kebanksentralan melalui Galeri Aplikasi Layanan Bank Indonesia (ALBI). Galeri ALBI merupakan layanan tatap muka bagi stakeholders Bank Indonesia atau pelaku usaha untuk dapat berinteraksi, konsultasi maupun akses terhadap layanan kebanksentralan. Ketiga, digitalisasi prosedur operasional standar (SOP) serta pembentukan gugus tugas untuk peningkatan infrastruktur layanan kebanksentralan, khususnya front office, middle office, back office, dan Core Banking System (CBS). Komitmen Bank Indonesia juga tercermin dalam keberhasilan mempertahankan standar internasional seperti sistem manajemen mutu (ISO 9001:2015), sistem manajemen keamanan informasi (ISO 27001:2022), sistem manajemen keberlangsungan bisnis (ISO 22301:2019) serta manajemen arsip (ISO 15489:2016) dalam pengelolaan dokumen. Pencapaian berbagai inisiatif ini dikemas dalam acara Central Banking Service Excellent Achievement (CBSEA) 2024, di Jakarta (13/11) yang tahun ini mengangkat tema “Transformasi Digital Layanan Kebanksentralan Bank Indonesia – Inovasi Peningkatan Layanan Prima dan Keberlanjutan.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kerja sama antar lembaga ini merupakan wujud nyata untuk mencapai penyelenggaraan layanan perizinan di sektor keuangan yang Profesional, Akuntabel, Simpel, Transparan, dan Informatif (PASTI) guna meningkatkan ease of doing business, memastikan pemain industri keuangan yang kredibel, serta pelindungan terhadap konsumen. “Berbagai capaian inovasi yang telah dilakukan tak lepas dari sinergi baik antara Bank Indonesia dengan para stakeholders. Ke depan sinergi dan digitalisasi layanan harus terus ditingkatkan untuk memenuhi ekspektasi stakeholders yang juga akan terus meningkat. Dengan demikian bersama-sama kita bisa memberikan layanan yang andal, prima, dan berstandar internasional”, pungkas Deputi Gubernur Senior.

Sementara itu, Wakil Menteri Investasi dan Hilirasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Todotua Pasaribu, menekankan pentingnya penguatan pengembangan dan iklim investasi di Indonesia. Pada tahun 2024, target investasi Indonesia ditetapkan sebesar Rp1.650 triliun, meningkat dari Rp1.400 triliun pada tahun sebelumnya. Pada bulan September 2024, total realisasi investasi mencapai Rp1.261 triliun, atau sebesar 76,45% dari target yang ditetapkan Presiden RI. Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi rata-rata 8% pada lima tahun ke depan ada beberapa langkah strategi, diantaranya peningkatan investasi dan hilirisasi, digitalisasi, dan ekonomi hijau. Terkait peningkatan investasi, diperlukan strategi investasi yang komprehensif, termasuk bagaimana realisasi investasi serta investasi yang memiliki nilai tambah. Wakil Menteri menambahkan “Perjanjian Kerja sama ini menjadi salah satu faktor yg mendukung investasi, sehingga apabila ditambah digitalisasi akan menciptakan kemudahan investasi untuk mendukung realisasi investasi”, tuturnya.

Pada gelaran ini diselenggarakan pula penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank Indonesia dengan Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM tentang Perizinan terkait Sektor Keuangan. Penandatanganan ini merupakan komitmen lanjutan antara kedua lembaga yang sebelumnya diwujudkan dalam bentuk Nota Kesepahaman Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka Pelaksanaan Tugas, Fungsi, dan Wewenang antara Bank Indonesia dengan Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal yang ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Investasi/Kepala BKPM pada 28 Agustus 2024 lalu.

Menjadi komitmen Bank Indonesia untuk terus berkembang dan berinovasi mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan stakeholders dalam penyelenggaraan layanan kebanksentralan yang prima. Ke depan, Bank Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kredibilitas sekaligus menjaga standar kualitas layanan kebanksentralan guna mendukung pencapaian visi Bank Indonesia menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional.

Tags: #bank indonesia#kebansentralan#layanan kebanksentralan
Previous Post

Kemenkomdigi dan OJK Perkuat Kolaborasi Blokir Rekening Terkait Judi Online

Next Post

KKK Klarifikasi Program Lapor Mas Wapres Sebagai Program Pemerintah

Related Posts

Bank Indonesia Memperkuat Langkah Stabilisasi Nilai Tukar dari Dampak Tekanan Global
BERITA TERKINI

Bank Indonesia Memperkuat Langkah Stabilisasi Nilai Tukar dari Dampak Tekanan Global

April 7, 2025
Survei Penjualan Eceran November 2024: Penjualan Eceran Diprakirakan Meningkat
BERITA TERKINI

Surplus Neraca Perdagangan Meningkat

February 17, 2025
Survei Konsumen Januari 2025: Keyakinan Konsumen Tetap Kuat
BERITA TERKINI

Survei Konsumen Januari 2025: Keyakinan Konsumen Tetap Kuat

February 11, 2025
Survei Penjualan Eceran November 2024: Penjualan Eceran Diprakirakan Meningkat
BERITA TERKINI

Survei Penjualan Eceran November 2024: Penjualan Eceran Diprakirakan Meningkat

December 11, 2024
Next Post
KKK Klarifikasi Program Lapor Mas Wapres Sebagai Program Pemerintah

KKK Klarifikasi Program Lapor Mas Wapres Sebagai Program Pemerintah

Recent Posts

  • Bank BTN Raih Gold Award – ISMA 2025 Berkat Konsistensi
  • Maybank Finance Cemerlang dengan Platinum Award – ISMA 2025
  • Heksa Boyong Platinum Award dalam Ajang Indonesia Sales Marketing Award 2025
  • ASKRINDO Sukses Torehkan Gold Award di Ajang Sales Marketing 2025
  • Bank Ina Raih Platinum Award di Ajang ISMA 2025 Gelaran Economic Review
  • IHSG Anjlok Usai Libur Lebaran BEI Lakukan Tindakan Pembekuan Sementara
  • Rapat Koordinasi Penerapan Tarif Perdagangan Baru Amerika Serikat Terhadap Negara Mitra
  • Bank Indonesia Memperkuat Langkah Stabilisasi Nilai Tukar dari Dampak Tekanan Global
  • Pemerintah Harus Tetap Jaga Daya Saing Ekspor RI di Tengah Ancaman Tarif Impor Trump

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored