EconomicReview – PT Toyota-Astra Motor (PT TAM) bersama jaringan value chain terpercaya, menyiapkan berbagai program promo ownership, usership, hingga after sales yang memberikan keuntungan dan kemudahan finansial bagi pelanggan private dan fleet. Toyota juga memperkenalkan pengalaman baru konektivitas antara pelanggan dengan kendaraan lewat peningkatan kemampuan teknologi 1Connect.
“Spesial di GIIAS 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan mobility ecosystem yang lengkap untuk mendukung mobilitas masyarakat. Mulai dari pilihan kendaraan elektrifikasi yang lengkap, pembelian mobil baru yang mudah, penyediaan teknologi yang inovatif hingga menyediakan kebutuhan kepemilikan yang memberikan rasa tenang kepada pelanggan,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Toyota menawarkan program Toyota Spektakuler untuk pembelian seluruh tipe All New Veloz, All New Avanza, dan New Rush di GIIAS 2024. Pilihan programnya adalah bunga rendah 2,9% untuk kredit sampai dengan 3 tahun, down payment (DP) mulai dari 20% serta 25% dan 30%, bersama cashback Rp 1 juta untuk setiap transaksi khusus melalui Toyota Official Store Solution (TOSS).
KINTO sebagai program usership mobil baru Toyota dengan cara subscription, turut menghadirkan promo menguntungkan berupa uang elektronik senilai Rp 2 juta. OLXMobbi siap mendukung pembelian mobil baru Toyota dengan cara trade-in (tukar tambah) disertai cashback sebesar Rp 6,7 juta.
Value chain yang siap memenuhi kebutuhan pelanggan fleet, MODA, memberikan kemudahan pengelolaan kendaraan komersial Toyota termasuk Hilux Rangga. MODA menyediakan free trial Moda Digital Fleet & Transportation Management System bersama hadiah langsung untuk setiap pembelian mobil niaga Toyota di GIIAS 2024.
PT TAM juga membuka kesempatan test drive Hilux Rangga dengan muatan hingga 1,2 ton. Untuk mobil penumpang tersedia All-New Yaris Cross 1.5 S HEV with GR Parts dan All-New Kijang Innova Zenix 2.0 Q HEV Modellista.
Berikan peace of mind, pelanggan yang membeli mobil baru Toyota di GIIAS 2024 memperoleh manfaat dari program T-Care berupa bebas biaya jasa dan suku cadang 7x servis dengan maksimal 3 tahun / 60.000 km. Ada extended warranty selama 1 tahun / 20.000 km jika pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota.
Untuk Agya dan Calya, tersedia program T-Care Lite berupa bebas biaya jasa sebanyak 7x servis dengan maksimal 3 tahun / 60.000 km, ditambah kesempatan membeli program T-Care Lite+ sebagai opsi paket tambahan suku cadang untuk servis ke-2 hingga ke-7. Extended warranty selama 1 tahun / 20.000 km jika pelanggan rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota tetap diberikan.
Kemudahan kepemilikan tersebut diharapkan dapat memberikan rasa tenang dan menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk-produk Toyota,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.
Konektivitas Digital 1Connect
Berikan Total Ownership Experience, PT TAM menghadirkan peningkatan kemampuan teknologi telematika yang dapat dirasakan langsung oleh pengunjung booth Toyota di pameran GIIAS 2024. Teknologi 1Connect adalah konsep total connectivity yang seamless baik dari Out-of-Car Connectivity maupun dari In-Car Connectivity melalui kapabilitas generasi baru device telematika yang lebih luas.
“Koneksi lewat jaringan internet memberikan peluang kepada pelanggan untuk memanfaatkan lebih banyak lagi fitur-fitur mToyota dan terhubung lebih jauh dengan kendaraan,” jelas Anton Jimmi Suwandy.
Toyota berencana mengembangkan konsep fitur In-Car Wi-Fi Hotspot pada beberapa line-up mobilnya secara bertahap sampai dengan tahun 2025. Sehingga, kendaraan dapat memancarkan jaringan internet. Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori, yakni Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui T Intouch di aplikasi mToyota, serta In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment di dalam mobil.
Improvement pada Out-of-Car Connectivity, pelanggan Toyota dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi mToyota jika mobilnya hilang atau dicuri orang. Saat fitur ini aktif setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis akan menonaktifkan mobil pelanggan saat starter selanjutnya sehingga mobil tidak bisa dinyalakan.
Toyota juga berencana untuk memperkaya informasi mengenai kondisi kesehatan mobil melalui konsep fitur Vehicle Health Check melalui aplikasi mTOYOTA. Di dalam menu Vehicle Info pada mTOYOTA, Toyota memberikan informasi aktual terkait kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.
Pada fitur In-Car Connectivity, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil jika dalam situasi darurat seperti mobil mogok atau kecelakaan. Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem akan menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.
Selain head unit, Wifi Hotspot yang tersedia juga dapat diakses oleh Rear Seat Entertainment (RSE) untuk penumpang belakang sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur entertainment dan productivity. Membuka akses langsung ke layanan multimedia dari pihak ketiga pada mobil Toyota, seperti streaming channel musik, film layar lebar terbaru, serta Online Karaoke seperti Smule
Sambil menikmati perjalanan, pelanggan tetap dapat terhubung dan terjaga produktivitasnya karena dapat memanfaatkan fitur online meeting seperti Zoom dan Teams. Toyota berharap connectivity services ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada customer di manapun berada karena selalu terhubung d.engan dunia luar via jaringan internet.