EconomicReview – Media sosial telah jadi komunitas digital tempat berbagi, termasuk mendapatkan inspirasi kuliner. Salah satunya lewat platform digital seperti TikTok, siapa pun bisa menemukan rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru, sampai resep masakan praktis untuk dicoba di rumah.
“Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kukiner dari seluruh Indonesia lewat laman untuk Anda (FYP),” ungkap Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia saat temu media virtual untuk acara #FoodFestonTikTok pada Rabu, 22 Mei 2024.
Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat ini pun menjadi alasan TikTok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertama bertajuk #FoodFestOnTikTok yang didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta akan mengajak 30 UMKM kuliner binaannya untuk menyajikan hidangan lezat mereka di #FoodFestOnTikTok.
Faris mengatakan, banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam platform TikTok. “Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia”.
Senada, Perwakilan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Badia Raja, sebagai mitra kolaborasi dalam acara Festival #FoodFestOnTikTok mengatakan bahwa banyak kuliner daerah maupun restoran yang baru merintis menjadi viral lewat TikTok hingga membuat permintaan meningkat. “Hal ini juga membantu promosi bagi UMKM kuliner dan peluang bisnis bagi anak muda untuk memunculkan kreativitasnya”.