EconomicReview – PT Uni-Charm Indonesia Tbk terpilih menjadi Emiten Terbaik di sektor
tekstil dan garmen, dalam acara Investor Awards 2021 yang diselenggarakan oleh salah satu media bisnis terkemuka di Indonesia, yang dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid-19.
Penghargaan yang diberikan pada tanggal 27 Juli 2021 melalui siaran langsung stasiun televisi nasional dan streaming Youtube ini, menobatkann PT Uni-Charm Indonesia sebagai perusahaan FMCG emiten yang pertama kali meraih penghargaan ini, untuk kategori perusahaan Jepang.
Menurut penjelasan dari Dewan Juri saat dilaksanakan acara penghargaan, yang menjadi standar penilaian selain kondisi performa perusahaan dan likuiditas adalah para emiten harus mampu bertahan dan mempunyai kemampuan untuk melewati krisis termasuk pandemi Covid-19. Ini juga merupakan hasil penilaian komitmen emiten pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, upaya dari sisi environment, maupun corporate social responsibility/CSR sebagai bagian integral perusahaan, serta komitmen penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG), dalam rangka beradaptasi dengan perubahan bisnis di masa modern dan melihat strategi bisnis di masa depan.
Kriteria untuk Emiten Terbaik berdasarkan sektor usaha yang digeluti. Berdasarkan kesepakatan Tim Juri, acara penghargaan ini mengacu pada 8 persyaratan seleksi awal untuk menyaring emiten yang dinilai layak diikutkan dalam pemeringkatan.
Selain itu juga dilakukan pemeringkatan akhir berdasarkan hasil polling terhadap 200 responden yang terdiri dari analis, manajer investasi, dana pension, asuransi, investor individu, pengamat pasar modal, serta hasil wawancara dengan direksi peraih nominasi.
Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii yang menghadiri upacara penghargaan menyampaikan. PT Uni-Charm Indonesia menjadi Perusahaan Terbuka pada bulan Desember 2019. Dan periode bulan Maret 2020 saat mulai terjadi peningkatan kasus penyebaran virus Covid-19 merupakan kondisi yang cukup berat bagi perusahaan.
“Namun sebagai produsen produk pendukung kesehatan, kami memiliki tanggung jawab pada konsumen dan investor. Oleh karena itu, kami tetap berusaha untuk menjaga suplai produk yang stabil dengan mematuhi protokol kesehatan,” paparnya.
Ia pun melanjutkan, perusahaan juga melakukan aktivitas bisnis dengan menjadikan “Perwujudan SDGs” sebagai tujuan, karena itu untuk selanjutnya perusahaan tetap mempersembahkan produk ke seluruh pelosok Indonesia dengan mengimplementasikan konsep SDGs dalam manajemen perusahaan.
“Yang terakhir, kami bisa mendapatkan penghargaan ini adalah karena usaha yang dilakukan karyawan sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dan dipilih oleh konsumen Indonesia. Kami ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh karyawan PT Uni-Charm Indonesia Tbk beserta keluarga yang telah mendukung, kemudian kepada para supplier, dan mitra bisnis kami”, imbuhnya.
Diakhir keterangannya Yuji Ishii juga mengucapkan, melalui penghargaan ini, selain mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara, PT Uni-Charm Indonesia Tbk akan berkomitmen untuk terus melaksanakan aktivitas yang akan disesuaikan dengan setiap elemen yang ada dalam corporate slogan yaitu Ethical Living for SDGs dan akan terus melakukan upaya-upaya yang bisa membuat PT Uni-Charm Indonesia Tbk diapresiasi setiap tahun.