EconomicReview – Layanan promo cashback menjadi hal yang umum ditawarkan, seiring masifnya pertumbuhan platform pembayaran digital di Indonesia. Cashback dinilai mampu meningkatkan penjualan dan mendorong pendapatan bagi pelaku usaha.
Karaniya Dharmasaputra selaku Presiden Direktur OVO mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk membuat event cashback secara nasional karena event skala nasional seperti ini memang diperlukan peran pemerintah.
“Saya selalu bayangkan, dan kemarin usul ke Pak Luhut, nah bagaimana ini sekiranya pemerintah bisa bikin program cashback nasional,” papar Karaniya.
Masih menurut Karaniya, Meski Sibuk, Tetap Bisa Nikmati Hidup dan Berhemat dengan Transaksi Cashless, Kok Bisa? karena dengan event cashback nasional maka akan memicu peningkatan konsumsi masyarakat, sehingga meningkatkan pergerakkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.
Selain itu, pelaku usaha yang ikut serta dalam program cashback ini pun akan mendapatkan manfaat dari peningkatan penjualan dan pendapatannya.
Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman OVO dalam melakukan program cashback pada sekitar 650.000 merchant yang dimilikinya selama masa pandemi, telah mampu mendorong pendapatan merchant hingga 42 persen.
“Selama masa pandemi dan PSBB, OVO mendorong transaksi di merchant melalui program cashback, pada periode tersebut merchant online mengalami peningkatan omzet sebanyak 42 persen, dirodorng oleh promosi serta publikasi di berbagai kanal,” jelas Karaniya.