EconomicReview- Untuk ketiga kalinya PT Bank SUMUT kembali meraih prestasi atas kinerja yang telah dicapainya di dalam bidang Information Technology (IT) di ajang Indonesia Information Technology Award (IITA V-2023) yang diadakan oleh Economic Review bekerja sama dengan Universitas Prasatya Mulya, dimana penghargaan diberikan kepada institusi baik perbankan maupun multifinance yang memenuhi sejumlah kriteria.
Pada penghargaan kali PT Bank SUMUT dinobatkan sebagai pemenang The Best IT for Public Company dengan kategori Very Excellent untuk Bank Pembangunan Daerah (DPD).
Penghargaan tersebut diterima oleh Mahdian Putra Lubis, Kepala Divisi IT, Bank SUMUT pada hari Jumat, 8 Desember 2023 di Cyber University, Jakarta oleh Hj Irlisa selalu founder Economic Review dan Gunawan Witjaksono, Rektor Cyber University.
“Ini adalah tahun ke tiga PT Bank SUMUT menerima anugerah ini. Mudah-mudahan penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk lebih baik lagi ke depan,” ujar Mahdian Putra Luis, dalam pidato kemenangangan Bank SUMUT.
Sejak pandemi, dimana gaya hidup nasabah lebih banyak dilakukan tidak secara langsung, Bank SUMUT menjadikan tantangan pandemi COVID-19 sebagai momentum mengakselerastransformasi digital. Pergeseran perilaku masyarakat menuntut layanan keuangan yang serba cepat, efisien, aman dan mudah di akses.Sulit dipungkiri bahwa digitalisasi telah menjadi salah satu kebutuhan mendasar masyarakat saat ini.
Oleh karena itu, Bank SUMUT berkomitmen penuh untuk mampu bersaing serta dapat menjawab kebutuhan nasabah. Kami menyadari bahwa tantangan bisnis di masa mendatang akan semakin meningkat,namun kami percaya, dengan dukungan seluruh stakeholders, Bank SUMUT dapat menghadapi tantangan seberat apapun dan terus tumbuh menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Untuk itu transformasi digital yang telah dilaksanakan selama ini perlu terus diperkuat didukung dengan sinergi dan kolaborsi semua pemangku kepentingan menjadi kunci sukses Bank SUMUT dalam menjaga momentum pertumbuhanyang berkualitas dan berkelanjutan demipengembangan bisnis Bank SUMUT dalam jangka panjang.

Di usianya yang telah menginjak 62 tahun, Bank SUMUT memanfaatkan momentum untuk bertransformasi dan meningkatkan kualitas pelayanan. Bank SUMUT telah memasuki era digitalisasi yang merupakan sebuah keniscayaan. Perkembangan dunia digital ini menjadi tantangan besar di sektor usaha perbankan. Dua tahun belakangan, Bank SUMUTtelah banyak bertransformasi. “Mobile banking Bank SUMUT semakin berkembang, Sumut Debit dapat digunakan diberbagai merchant. Begitu pula, ATM yang dapat melayani nasabah dengan tingkat kesuksesan transaksinya sangat tinggi, dimana Service Level Agreement (SLA) telah mencapai 99 persen. Selain itu juga Bank SUMUT mempunyai Internet Banking untuk korporasi, Layanan QRIS yang sedang dikembangkan dengan transaksi Mobile Banking nantinya. Semuaitu telah menjadikan Bank SUMUT menuju BPD terdepan dalam penerapan digital banking.
Direktur Utama Bank Sumut, Babay Parid Wazdi, menyampaikan beberapa prestasi dan kinerja keuangan yang menunjukkan pertumbuhan, seperti laba bersih yang meningkat 5,7% dari tahun sebelumnya, mencapai Rp620 miliar pada Oktober 2023.