EconomicReview – Tak terasa, 50 tahun Toyota hadir di Indonesia. Selain memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, Toyota Indonesia juga berkomitmen membangun industri otomotif nasional. Mulai dari produk terbaik yang didukung dengan sederet teknologi termasuk elektrifikasi, layanan purna jual terbaik dengan 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga berbagai layanan digital.
“Berkembang dari perusahaan mobil menjadi sebuah perusahaan mobilitas, kami berkomitmen untuk menciptakan Mobility Happiness for All. Tidak hanya menghadirkan ever-better cars, namun kami juga memberikan layanan Total Mobility Solution yang sesuai dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Karena itu kami dapat senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor Susumu Matsuda.
Didukung dengan 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin, kini Toyota Indonesia dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik. Kondisi ini membuat perseroan bisa mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.
“Berkat kepercayaan dari masyarakat dan dukungan Pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia mampu berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global. Kedepan, kami berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia,” ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono.
Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Toyota Indonesia telah menghadirkan deretan produk untuk memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih dari 20 line up kendaraan beragam jenis mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial hingga Sport tersedia sebagai kesatuan pilihan produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia.
Toyota Indonesia juga telah menghadirkan kendaraan dengan teknologi yang ramah lingkungan. Sejak tahun 2009, perusahaan telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle yang ramah lingkungan. Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV).
Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya sebagai perusahaan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga sekaligus sebagai market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional. Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi model HEV pada 2020 yang ditujukan untuk pasar domestik dan ekspor.
“Kedepan, kami berkomitmen menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru guna mewujudkan Mobility Happiness for All. Tidak hanya menghadirkan teknologi elektrfikasi yang lengkap sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari HEV, PHEV, dan BEV. Tapi juga membangun ecosystem agar masyarakat dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto.