Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

BNP Paribas AM dan Citi Indonesia Turut Dukung Perekonomian Perempuan

by Olifia
September 13, 2020
in BERITA TERKINI, FINANSIAL, KORPORASI
132 2
0
BNP Paribas AM dan Citi Indonesia Turut Dukung Perekonomian Perempuan
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview– PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) hari ini meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan. Program ini meliputi rangkaian pelatihan yang dilakukan secara  daring  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. Program  pengembangan  komunitas  ini merupakan inisiatif yang disusun bersama dengan lembaga terpilih, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) pengusaha muda perempuan berpartisipasi dan mendapatkan pengenalan produk perbankan dan investasi, perencanaan pengelolaan keuangan serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana  sosial yang dilakukan PT.BNP Paribas AM melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI). Dengan Program tersebut, PT.BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha para perempuan muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para perempuan muda Indonesia tersebut untuk dapat  tetap  bertahan  dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI Jakarta. Bersama dengan PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan.

Peserta yang terpilih berkesempatan untuk meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

“Di masa yang sulit seperti ini, kesejahteraan ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong perempuan untuk lebih produktif dan mengoptimalkan kemampuan serta sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk bertema SRI dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian dalam jangka panjang,” papar Direktur PT BNP Paribas AM Maya Kamdani.

Disaat yang sama Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia Puni A. Anjungsari menjelaskan bahwa saat ini kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi salah satu dari upaya Citi Indonesia yang terintegrasi untuk memberikan dampak yang  positif dan berarti bagi komunitas di lingkungan sekitar dimana kami beroperasi.

“Hal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa,” papar Puni.

Sekretaris Eksekutif  Asosiasi  PPSW  Fitriani Sunarto menambahkan, Generasi perempuan muda adalah yang paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini berpotensi untuk mendorong perubahan dari pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini.

“Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia yang telah mempercayakan kami sebagai mitra dalam menyalurkan dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi,” ujar Fitriani Sunarto.

Adapun penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu  mengatasi  kesulitan  ekonomi  yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia, ini merupakan penyaluran dana sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan  melalui Palang  Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.

Tags: BNP Paribas GroupCitibank N.A.Indonesia (Citi Indonesia)PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM)
Previous Post

Kemenhub : Syarat Boleh Duduk Berdampingan di Pesawat

Next Post

2021 Mendatang, Hari Libur Seluruhnya 23 Hari

Related Posts

BNP Paribas AM Resmi Merilis “The Great Instability”
BERITA TERKINI

BNP Paribas AM Resmi Merilis “The Great Instability”

December 10, 2020
Next Post
2021 Mendatang, Hari Libur Seluruhnya 23 Hari

2021 Mendatang, Hari Libur Seluruhnya 23 Hari

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored