Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Cemindo Gemilang Bukukan Pendapatan lebih dari Rp 9 Triliun di Tahun 2022

by Yusniar
June 23, 2023
in BERITA TERKINI, EKONOMI & BISNIS
132 3
0
Cemindo Gemilang Bukukan Pendapatan lebih dari Rp 9 Triliun di Tahun 2022
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview – PT Cemindo Gemilang Tbk mencatatkan kinerja solid sepanjang tahun 2022. Produsen semen Merah Putih ini sukses membukukan pendapatan di tahun 2022 sebesar Rp 9,7 triliun. Pendapatan tersebut bertumbuh sebesar 17,02 persen dibandingkan tahun 2021 (year of year/yoy) yang mencapai Rp 8,3 triliun.

Pertumbuhan pendapatan Perseroan tersebut berasal dari dua market utama Cemindo yakni Indonesia dan Vietnam. Selain itu juga dikontribusi dari kerja sama yang baik dengan distributor hingga pengambilan keputusan yang efektif demi menjangkau pasar yang lebih luas lagi di dalam negeri. Hingga akhir tahun 2022, Perseroan berhasil meningkatkan jumlah distributor sebanyak 42 distributor, meningkat 14% dari tahun sebelumnya.

Wakil Presiden Direktur Cemindo Gemilang Vince Indigo menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Perseroan yang mencatatkan kinerja yang baik pada tahun 2022.

“Kami bersyukur bahwa pendapatan Perseroan dari kedua pasar utama tersebut tumbuh sekitar 17,02 persen di bandingkan tahun 2021. Ini berkat kerja keras semua pihak dan mitra Perseroan,” ujarnya saat memaparkan kinerja Perseroan Tahun 2022 di acara Public Expose, Kamis (22/06/23).

“Saat ini Cemindo Gemilang telah menjadi produsen semen regional dengan pertumbuhan yang pesat dan berkelanjutan. Dalam 12 tahun terakhir, Cemindo telah tumbuh secara substansial menjadi pemain regional di industri semen yang terkemuka di Indonesia.”

Vince menjelaskan, kontribusi lainnya terhadap pertumbuhan pendapatan di tahun 2022 juga berasal dari produksi dan volume penjualan semen dan klinker. Saat ini, Perseroan telah memproduksi semen sebanyak 7,6 juta ton atau tumbuh sebesar 3,9%.

Ada 14 varian produk semen yang telah dihasilkan. Untuk semen kantong (bag), ada merek Semen Merah Putih dan Semen Merah Putih “Water Shield”. Kemudian ada 12 jenis semen curah (bulk) dimana ada 4 produk ramah lingkungan (green product) di antaranya. Sedangkan sisanya merupakan 2 produk derivative.

Untuk produk Semen Merah Putih “Water Shield” yang diluncurkan pada tahun 2023 ini, telah menjadi produk premium yang merambah pasar di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. “Khusus Kalimantan, kita mensupport pembangunan Ibu Kota Negara Baru Nusantara atau IKN,” ujarnya.

Secara keseluruhan, total penjualan domestik semen dan klinker di tahun 2022 naik 7,1% menjadi 4,9 juta ton dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 4,57 juta ton. Sedangkan total penjualan dari dua market utama (Indonesia dan Vietnam) di tahun 2022 mencapai 12,4 juta ton atau naik 1% dibandingkan tahun 2021. Untuk pertumbuhan penjualan ekspor mengalami peningkatan sebesar 4% dari tahun sebelumnya, dari 3,86 juta ton menjadi 4,025 juta ton.

“Pertumbuhan penjualan tersebut didukung antara lain pengembangan produk-produk inovatif seperti water repellent cement, pengembangan jalur distribusi, penambahan distributor semen dimana di beberapa daerah jumlahnya meningkat,” ujarnya.

Dengan kinerja yang bagus ini, Cemindo berhasil menempati peringkat 4 besar dari 8 perusahaan semen terbesar di Tanah Air berdasarkan market share. Tercatat market share Cemindo di tahun 2022 sebesar 6,92% atau naik 0,7% dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 6,19%. Sedangkan untuk posisi 3 besar yakni Semen Indonesia Group+SBI (ex Holcim), Indocement dan Conch total market share tahun 2022 sebesar 84,22%. Dan untuk market share 4 industri semen lainnya sebesar 8,86%.

Kinerja yang gemilang ini menunjukkan bahwa perusahaan semen dengan kode CMNT ini mampu bertahan dan bertumbuh sepanjang tahun 2022 di tengah permintaan semen di Indonesia yang sedang menurun sebesar 2,9%, dari 65,2 juta ton menjadi 63,3 juta ton. Tak hanya Indonesia, pasar utama Cemindo lainnya, yakni Vietnam juga mengalami stagnan.

Penurunan permintaan semen secara nasional tersebut disebabkan dampak dari perlambatan realisasi sejumlah proyek konstruksi karena pandemi Covid-19. Sementara kenaikan harga jual rata-rata disebabkan oleh melonjaknya harga energi seperti BBM dan batubara.

Terkait kegiatan operasional pada tahun 2022, terjadi kenaikan biaya energi dan pengangkutan yang tinggi. Hal ini mengakibatkan biaya penjualan dan distribusi meningkat tajam pada 2022 dibanding sebelumnya. Namun hal tersebut bisa teratasi atas keputusan tepat manajemen, yakni dengan mengamankan bahan baku dengan harga yang kompetitif, inovasi produk dan ditambah dengan sedikit kenaikan harga Semen.

Sedangkan margin laba kotor mengalami peningkatan dari 25,65 persen menjadi 26,05 persen. “Ini termasuk EBITDA sebesar Rp 1.827 miliar pada 2022 berada pada level yang sama dengan tahun 2021,” jelas Vince.

Perseroan juga terus memantau pergerakan utang dan mengoptimalkan biaya keuangan. Hasilnya, Perseroan dapat mengurangi beban bunganya dari Rp 681 miliar menjadi Rp 628 miliar pada 2022. Sedangkan untuk laba komprehensif mengalami kerugian lebih dari Rp 550 miliar untuk tahun 2022 akibat rupiah yang terdepresiasi. Pasalnya, utang dalam kurs dollar.

“Ini karena Cemindo memiliki pendapatan ekspor yang besar yang secara alami melakukan lindung nilai terhadap pinjaman ini di mana USD memiliki suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman IDR. Kerugian ini belum direalisasi dan sepenuhnya bersifat non-tunai,” tandasnya.

Sementara itu, pengamat pasar modal Hans Kwee membenarkan bahwa di tahun 2022, industri semen nasional mengalami perlambatan permintaan semen. Hal yang sama terjadi juga di pasar semen Vietnam.

Tak hanya itu, tekanan juga datang dari kenaikan biaya energi karena ada kenaikan biaya pungutan. Akibatnya, pembangunan di sejumlah proyek infrastruktur termasuk properti mengalami perlambatan.

“Kondisi sepanjang tahun 2022 memang sangat menantang bagi sejumlah industri termasuk industri semen. Namun, Cemindo mampu menghadapi tantangan tersebut dengan cukup baik,” ujarnya.

Hans melihat bahwa di tahun 2023 ini terlihat geliat yang lebih kuat di industri properti sehingga diperkirakan akan ada kenaikan permintaan semen secara nasional. “Ini jelas berpengaruh pada penjualan CMNT yang diperkirakan terus tumbuh seiring dengan pulihnya sektor properti dan masih terus berjalannya proyek infrastruktur nasional,” tandasnya.

Previous Post

BPP HIPMI FasilitasiLiterasi Pasar Modal dan IPO melalui BANOM

Next Post

Bank DKI Torehkan Prestasi, Boyong Tujuh Penghargaan

Related Posts

Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen
BERITA TERKINI

Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen

September 20, 2023
SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN
BERITA TERKINI

SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN

September 19, 2023
Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar
BERITA TERKINI

Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar

September 16, 2023
Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
BERITA TERKINI

Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023

September 14, 2023
Astra International Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
BERITA TERKINI

Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023

September 10, 2023
Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR
BERITA TERKINI

Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR

September 10, 2023
Next Post
Bank DKI Torehkan Prestasi, Boyong Tujuh Penghargaan

Bank DKI Torehkan Prestasi, Boyong Tujuh Penghargaan

https://economicreview.id/wp-content/uploads/2023/02/Telkom-Manifesto-60s_With-Logo-Digital-Bisa_With-Sub-english_220826.mp4

Recent Posts

  • Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen
  • SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN
  • Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar
  • Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
  • Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
https://economicreview.id/wp-content/uploads/2023/02/PRO_30-S_Hires.mp4
  • Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
  • Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
  • Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR
  • Brantas Abipraya Sukses Raih The Best of Indonesia CSR Award 2023

https://economicreview.id/wp-content/uploads/2021/11/CIMB_OCTO_CUT_MINI_15S_ONL.mp4

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored