Economic Review
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • BERITA
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • LAINNYA
    • OPINI
    • OTOMOTIF
    • KEBIJAKAN
    • SOSIAL & BUDAYA
    • TEKNOLOGI
    • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • BERITA
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • LAINNYA
    • OPINI
    • OTOMOTIF
    • KEBIJAKAN
    • SOSIAL & BUDAYA
    • TEKNOLOGI
    • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Inilah Peraih Penghargaan IOEA-III-2020

by Corry
December 19, 2020
in BERITA TERKINI, EVENT, KORPORASI
134 5
0
Inilah Peraih Penghargaan IOEA-III-2020
Share on FacebookShare on Twitter

Operational Excellence Solusi Perusahaan Untuk Tetap Eksis

EconomicReview-Dalam rangka memberikan apreasiasi kepada perusahaan yang menerapkan operational excellence secara baik, Economic Review bersama para Dewan Juri: PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, Ideku Group kembali memberikan Apresiasi Tertinggi kepada dunia usaha Indonesia yang memiliki sederet keunggulan, dengan menerapkan operational excellence dengan pendekatan Lean Management dan Lean Thinking dengan baik . Melalui penyelenggaraan “INDONESIA OPERATIONAL EXCELLENCE – ZOOMINAR & INDONESIA OPERATIONAL EXCELLENCE-AWARD-III- 2020” ( IOEA-III-2020) diharapkan perusahaan mampu menggaungkan penerapan operational excellence dengan pendekatan Lean .

Bertemakan Tema : ”Enhancing Operational Excellence Facing 21st Global Competition in Industry 4.0 Era through Lean Management”, IOEA-III-2020 terus mendorong perusahaan melakukan perubahan termasuk disruption yang cepat, digitalisasi, pembukaan area pasar bebas yang makin luas, ditambah dengan adanya tatanan dunia yang baru karena COVID 19 telah membuat banyak negara dan perusahaan terpuruk. Menghadapi kondisi ini, tiap Organisasi dan Perusahaan termasuk Institusi Negara harus meningkatkan kinerja disemua lini, agar tetap eksis dan leading. Dan tidak ada solusi lain menghadapi kondisi ini , yaitu dengan membangun Operational Excellence dalam persaingan global di era yang terus berubah.

“Setelah 2018- 2019 kami telah sukses menyelenggarakan Conference & Indonesia Operational Excellence Award-I-2018 ( IOEA-I-2018) di Jakarta dan ke IOEA-II -2019 di Jogjakarta, maka tibalah di tahun 2020 ini kita bertemu kembali Indonesia Operational Excellence – Zoominar & Award-III-2020 , dimana dikarenakan situasi Pandemi Covid-19 pelaksanaan penganugerahan kali ini dilakukan ecara Zoom Online. Pertama- tama kami dari Para Pimpinan Economic Review bersama Ketua dan Anggota Dewan Juri : PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, Ideku Group mengucapkan terimakasih kepada para pariah penghargaan kali ini. Tak dapat dipungkiri, Penerapan Operational Excellence yang baik di seluruh perusahaan di Indonesia akan membuat system perusahaan di Indonesia akan maju dan dapat di akui di dunia. Hal ini tentunya patut diapresiasi karena turut menjadi pendongkrak kemajuan perekonomian Negara ini,” papar Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM.

Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM.

Nana pun menegaskan, meningkatkan kinerja ekonomi Nasional dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan meningkatkan kinerja Perusahaan dan organisasi turut didukung oleh peningkatan Operational Excellence. Apreasiasi kepada perusahaan yang menerapkan operational excellence secara baik,di dunia usaha Indonesia yang kali ini tentulah diberikan kepada perushaan yang memiliki sederet keunggulan, dengan menerapkan operational excellence dengan pendekatan Lean Management dan Lean Thinking dengan baik. “Kami harapkan para peraih penghargaan kali ini dapat terus menggaungkan penerapan operational excellence dengan pendekatan Lean. Dengan harapan seluruh dunia usaha di Indonesia mampu menerapkan Operational Excellence demi peningketan atau kemajuan perusahaannya”.

Adapun para pemenang IOEA-III-2020 yakni berasal dari perusahaan Swasta, Tbk, BUMN, BUMD, BPD, BPR,dll. Melalui Penghargaan ini, diharapkan Perusahaan terpacu meningkatkan prestasi dan peran pentingnya dalam implementasi praktek GCG di Perusahaan Indonesi. Dimana Para Dewan Juri Indonesia Operational Excellence Award-III-2020, telah menilai Kinerja Operational Perusahaan, hasil kinerja per Desember’2019 dari : (1) Data Publik yang diperoleh dari (a) Website (b) Annual Report 2019 (c) Info Publik (2) Dewan Juri menilai dari sekitar dari total sekitar 1.000 Perusahaan Publik Tbk & Non Tbk (3) Penyaringan diawali dari Kinerja : Keuangan, SDM,Pemasaran, IT, Operasional per -Des’2019 (4) Lalu dikelompokkan ke Kelompok Publik Tbk dan Non Publik yang terdiri 9 Sektor Industri (5) Dan dikategorikan menjadi 46 Sub Sektor Industri serta Kepemilikan dan Assetnya (6) Serta diperingkatkan menjadi Score Platinum (A= 90,00- 100,00 = Very Excellent) , Gold (B=80,00 – 89,99= Excellent), Silver (C= 70,00- 79,99=Good)

Disaat yang sama, Ketua Dewan Juri Indonesia Operational Excellence Award, Budi Utomo, RLA, CBA mengatakan perubahan adalah salah satu hal yang konstan di dalam kehidupan, tidak terlepas juga pada bisnis perusahaan. Perubahan termasuk disruption yang cepat, digitalisasi, pembukaan area pasar bebas yang makin luas, ditambah dengan adanya tatanan dunia yang baru karena COVID 19 telah membuat banyak negara dan perusahaan terpuruk.

Ketua Dewan Juri Indonesia Operational Excellence Award, Budi Utomo, RLA, CBA

Menghadapi kondisi ini paparnya, tiap Organisasi dan Perusahaan termasuk Institusi Negara harus meningkatkan kinerja disemua lini, agar tetap eksis dan leading. Dan tidak ada solusi lain menghadapi kondisi ini , yaitu dengan membangun Operational Excellence dalam persaingan global di era yang terus berubah.

“Kesadaran untuk melakukan continual improvement di beberapa Perusahaan agar Survive di global kompetisi terus meningkat. Disamping trend positif ini, ada beberapa catatan yang perlu diwaspadai yakni Continual improvement dan Sudah merasa “bagus/ sempurna”,” jelas Budi.

Lebih lanjut Budi memaparkan, Continual improvement yang dilakukan agar Lean, Agile dan sustain ini masih sebatas “terbawa euphoria” atau formalitas belum masuk sampai betul-betul dijadikan tool strategi Perusahaan untuk survive dan menang.

“Kadang masih sebatas “nice to have” saja atau seperti ISO yang dibeberapa Perusahaan masih sebatas just a piece of certificate. CEO belum serius terlibat pada Lean Management dan Operational Excellence ini. Belum betul betul digali dan di evaluasi sejauh mana efektifitas nya terkait peningkatan Kinerja bisnis Perusahaan atau organisasi,” terangnya.

Selanjutnya, pemikiran sudah merasa “Bagus/ Sempurna” padahal prinsip dari Kaizen yang terkenal dari Toyota dan GE , jika sudah merasa baik dan sempurna, adalah tanda bahaya. “Tentu saja merasa baik dan sempurna boleh, tapi harus selalu open mind untuk terus improvement. sehingga Lean Agile kreatif inovatif muncul menjadi budaya. dan terus digulirkan dengan PDCA,” tegas Budi dalam paparannya.

Terkait penilaian IOEA-III-2020, dikatakanya tidak banyak perubahan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, hanya beberapa penilaian juga fokus sejauh mana Perusahaan mengantisipasi kondisi pandemic ini disamping VUCA dan globalisasi yang sudah terjadi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karena selain Excellence Operation-nya, yang juga harus menjadi perhatian adalah bagaimana agar survive dalam bisnis maupun kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan dan kontribusi terhadap masyarakat. Lalu kinerja Operasional yang seperti apa yang pas, yakni kinerja yang prosesnya mengacu pada Operational excellence dan memberikan dampak OUTPUT DAN RESULT yang positif di annual reportnya. Yang pada akhirnya bisa menjadi kiblat dari perusahaan sejenis maupun kiblat bagi perusahaan dari industry lain. Tentu saja PROSES ini yang seharusnya didasari pada 11 prinsip-prinsip Lean Manajemen dimana semua stake holder menjadi “happy dan satisfy”,” ungkap Budi.

Diakhir paparannya Budi berharap perusahaan bisnis apapun itu harus terus improve diri meskipun sudah berhasil agar terus bisa survive dan sustain dalam kondisi VUCA dan pandemi ini dan dalam global kompetisi di era digitaI. “Salam good better best”.

Penilaian Operational Excellence dilihat berdasarkan Analisis Data yakni Pengumpulan data dari berbagai sumber, kemudian Analisa Data/ diolah oleh para Juri ( dari berbagai macam bidang keilmuan dan pengalaman Dewan Juri). Serta penilaian melalui Desk Study.

Adapun Indikator penilaian berdasarkan 7 (Tujuh) Indikator: (1) Visi misi Value diterjemahkan ke dalam strategi yang lean , agile dan sustainability. SWOT analysis dibuat dengan kondisi yang ada, benar dan Analisa dibuat dengan komprehensif-Bobot Nilai 10 %, (2) Strategy Mapping menggambarkan analisa sebab akibat yg memastikan strategi tepat diturunkan sampai KPI disemua level. Eksekusi KPI berjalan dengan efektif dan efisien (Bobot Nilai-10 %), (3) Program Continual Improvement yang berjalan dengan komprehensif dan konsisten diseluruh lini Perusahaan disertai bukti-bukti keberhasilan dari program tersebut dalam meningkatkan Kualitas jasa/produk, tepat waktu, effisiensi operational cost, produktifitas, dst. (Bobot Nilai-15 %), (4) Program DIgitalisasi dalam rangka meningkatkan kinerja Operational Excellence terencana, berjalan dan program evaluasi terus berjalan dengan maksimal dan mempunyai Road map yang selalu improve dan benchmark sesuai kebutuhan. (Bobot Nilai-20 %).

Selanjutnya (5) Methoda Problem Solving and Decision Making yang akurat dan detail dan methoda tersebut dilaksanakan secara seragam dan menyeluruh diseluruh lini organisasi baik untuk mencari solusi KPI yang tidak tercapai maupun dipakai untuk analisa Lost Tree yang mengganggu profit atau COPQ (Cost of Poor Quality) atau cost yang muncul karena rendahnya kualitas sistem manajemen. (Bobot Nilai-10 %),

Dan (6) Lean Management dan lean office berjalan dengan konsisten dan masuk dalam pengukuran kinerja masing-masing bagian. Lean Management memberikan hasil yang positif dan terukur terhadap annual report atau kinerja Perusahaan terkait Profit dan sustainability. Beberapa penghargaan terkait operational excellence termasuk KPKU atau pengukuran lain seperti MBNQA, Deming Award, dst memiliki prestasi lebih menjadi nilai tambah (Bobot Nilai-20 %), dan (7) Employee engagement Index baik yang didapat dari questionnaire juga dari hasil pengukuran terhadap program yang mengukur keterlibatan langsung karyawan dalam program-program improvement dan suggestion system (Bobot Nilai-10 %).

47 Daftar Pemenang “Indonesia Operational Excellence award 2020

(BUMN Non TBK) – (1)

  1. PT Jasa Raharja

Multifinance – (9)

  1. PT Federal International Finance (FIFGROUP)
  2. PT Maybank Indonesia Finance
  3. PT Penjaminan Jamkrindo Syariah
  4. PT Indomobil Finance Indonesia
  5. PT BNI Multifinance
  6. PT BCA Finance
  7. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)
  8. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOM Finance)
  9. PT Adira Dinamika Multifinance Tbk.

ASURANSI (NON TBK) – (4)

  1. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) (Askrindo)
  2. PT Great Eastern Life Indonesia
  3. PT Asuransi Jiwa Indosurya Sukses
  4. PT Asuransi Binagriya Upakara

BANK (TBK) – (14)

  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
  2. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
  3. PT Bank Bukopin Tbk.
  4. PT Bank Sinarmas Tbk.
  5. PT Bank Ganesha Tbk.
  6. PT Bank Mayapada Internasional Tbk.
  7. PT Bank Victoria International Tbk.
  8. PT Bank BRI Agroniaga Tbk.
  9. PT Bank Maybank Indonesia Tbk.
  10. PT Bank Maspion Indonesia Tbk.
  11. PT Bank OCBC NISP Tbk.
  12. PT Bank Panin Tbk.
  13. PT Bank National Nobu Tbk.
  14. PT Bank MNC Internasional Tbk.

BANK (NON TBK) – (3)

  1. PT Bank Multiarta Sentosa
  2. PT Bank DBS Indonesia
  3. PT Bank Resona Perdania

BANK SYARIAH (NON TBK) – (4)

  1. PT Bank BNI Syariah
  2. PT Bank Mega Syariah
  3. PT Bank BCA Syariah
  4. PT Bank Syariah Bukopin

BPD (NON TBK) – (8)

  1. BANK KALBAR
  2. PT Bank Jambi
  3. PT Bank Riau Kepri
  4. PT BPD Kaltim Kaltara
  5. PT Bank Jatim Tbk.
  6. PT Bank Pembangunan Daerah Bali
  7. PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BANK SULUTGO)
  8. BANK KALSEL

BPR (NON TBK) – (3)

  1. PD BPR Bank Bapas 69 Magelang
  2. PT BPR Subang Gemi Nastiti (Perseroda)
  3. Perumda BPR Sukabumi

NON BANK (TBK) – (1)

  1. PT Pan Brothers Tbk.
Tags: Economic ReviewIndonesia Operational Excellence Award (IOEA)
Previous Post

Inspira Private Station, Online Broadcast Sesuai Keinginan Sendiri

Next Post

Amin: Libatkan UKM Dalam Percepatan Digitalisasi BUMN

Related Posts

Raih Penghargaan IOEA 2020, Bank Ganesa Unggulkan Kinerja Pelayanan
BERITA TERKINI

Raih Penghargaan IOEA 2020, Bank Ganesa Unggulkan Kinerja Pelayanan

December 25, 2020
Terbaik Pertama di IOEA 2020, Bank Sinarmas Solusi Bagi Nasabah
BERITA TERKINI

Terbaik Pertama di IOEA 2020, Bank Sinarmas Solusi Bagi Nasabah

December 25, 2020
Terbaik di IOEA 2020, MNC Bank Hadirkan Program-program Menarik
BERITA TERKINI

Terbaik di IOEA 2020, MNC Bank Hadirkan Program-program Menarik

December 24, 2020
Raih IOEA 2020, Bank NOBU Makin Dekat Dengan Nasabah
BERITA TERKINI

Raih IOEA 2020, Bank NOBU Makin Dekat Dengan Nasabah

December 24, 2020
BERITA TERKINI

Terbaik Di Penghargaan Operasional, Fitur Digital Bank Maspion Jadi Unggulan

December 24, 2020
BERITA TERKINI

Berkat Budaya Inovasi Maybank Indonesia Raih Penghargaan IOEA 2020

December 24, 2020
Next Post
Amin: Libatkan UKM Dalam Percepatan Digitalisasi BUMN

Amin: Libatkan UKM Dalam Percepatan Digitalisasi BUMN

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Karena 5 Alasan Ini, Orang Beli Kavling Makam di Al Azhar Memorial Garden

Karena 5 Alasan Ini, Orang Beli Kavling Makam di Al Azhar Memorial Garden

May 20, 2020
Rekomendasi Hotel Murah Ala Sultan

Rekomendasi Hotel Murah Ala Sultan

November 21, 2020
IITA 2020, Jasa Raharja Raih Juara Umum BUMN

Bank SulutGo Torehkan Prestasi Cemerlang Di IITA 2020

November 10, 2020
Implementasi Gerakan #Berjarak, Kemen PPPA Pastikan Hak Perempuan & Anak Terpenuhi

Aktif Kembali, Ini Syarat Wajib Penumpang Lion Air Group

May 10, 2020
Food Station Tjipinang Jaya Kembali Boyong Penghargaan Bergengsi

Food Station Tjipinang Jaya Kembali Boyong Penghargaan Bergengsi

1
Food Station Borong 6 BUMD Marketeers Awards 2020

Food Station Borong 6 BUMD Marketeers Awards 2020

1

Diamond Land Gandeng Bank BRI Permudah Customer Dave Apartment

0
POCO M3: Entry-Level dengan Kualitas Teknologi Mid-Range

POCO M3: Entry-Level dengan Kualitas Teknologi Mid-Range

0
POCO M3: Entry-Level dengan Kualitas Teknologi Mid-Range

POCO M3: Entry-Level dengan Kualitas Teknologi Mid-Range

January 26, 2021
Toyota Masih Market Leader di Indonesia

Toyota Masih Market Leader di Indonesia

January 26, 2021
Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

Lempah Kuning Khas Bangka Belitung

January 25, 2021
Joe Biden Resmi jadi Presiden Ke-46 AS

Joe Biden Resmi jadi Presiden Ke-46 AS

January 23, 2021

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored