EconomicReview – Perhelatan Indonesia Human Capital Award (IHCA) 2020 ke VI baru saja usai. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara tahunan yang diprakarsai oleh Economic Review ini digelar secara daring dalam E-virtual Online Awarding Indonesia Human Capital Award VI-2020 (IHCA-VI-2020) dan dilanjutkan dengan Webinar yang mengangkat tema Humanizing Human Capital With digital Experience & Value Strategi Pengelolaan SDM dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menuju Revolusi Industri 5.0. pada Jum’at, 24 Juli 2020. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.
IHCA-VI-2020 ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi di bidang human capital bagi institusi-institusi di Indonesia, baik lembaga pemerintah, badan usaha milik negara maupun perusahaan swasta hingga anak BUMN. Penghargaan ini melibatkan Dewan Juri yang profesional dan berkompeten di bidangnya masing-masing, antara lain Economic Review, Perbanas Institute, NBO Group, Thomas International, Indonesia-Asia Institute, Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) dan Ideku Group.

Setelah perjalanan panjang melalui berbagai proses penilaian, baik yang melalui penjurian virtual maupun dengan data publik hingga annual report, didapat sebanyak 22 perusahaan yang dianggap memenuhi kriteria untuk mendapatkan penghargaan ini dan salah satunya adalah PT Jasa Raharja. Jasa Raharja berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yaitu The Best Human Capital Director in Service Innovation Leader 2020 yang diberikan kepada Dewi Aryani Suzana sebagai direktur SDM dan Umum PT Jasa Raharja dan apresiasi lainnya adalah 4th The Best Human Capital in State Owned Enterprises Company.
Apresiasi ini diberikan karena Jasa Raharja dinilai telah sukses menjalankan Perseroan hingga saat ini dengan ditunjang SDM yang mumpuni, profesional dan berintegritas. Hal lain yang membuat Jasa Raharja meraih penghargaan ini karena inovasi-inovasi yang dinilai berperan penting memajukan perseroan untuk terus maju, berkembang dan berdaya saing, salah satunya adalah adanya upaya transformasi digital yang mempermudah dan mempercepat layanannya dengan membangun sistem dan teknologi baru untuk diimplementasikan dalam kegiatan operasional perusahaan, baik untuk aktivitas perkantoran maupun aktivitas di luar kantor yang berhubungan dengan mitra kerja dan masyarakat, yakni Office Automation, Business Intelligent, Big Data Analysis, Seat Management & Machine Learning.
Sedangkan di sisi Eksternal Jasa Raharja membuka beberapa channel komunikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi JRku yang berbasis mobile application, dengan beberapa fitur, antara lain menginformasikan kejadian kecelakaan, pengajuan santunan secara online, pengecekan Iuran Wajib kendaraan umum, pengecekan masa berlaku SWDKLLJ kendaraan pribadi, penyetoran Iuran Wajib, pembayaran pajak kendaraan bermotor dan co-branding dengan financial technology (fintech).
Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, dapat menjadi tolak ukur jasa Raharja dalam mengembangkan ekspansi bisnis ke depannya sehingga Perseroan dapat terus bersinar dan berinovasi sesuai dengan era kekinian yang terus menuntut perubahan positif.