Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • OPINI
  • BERITA TERKINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • OPINI
  • BERITA TERKINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Kementerian Ekonomi Kreatif – Visinema Kolaborasi Hadirkan Karakter Si Jumbo

by Opi
July 12, 2025
in BERITA TERKINI, OTOMOTIF, SOSIAL & BUDAYA
133 1
0
Kementerian Ekonomi Kreatif – Visinema Kolaborasi Hadirkan Karakter Si Jumbo
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicRevew-Jakarta, 12Juli 2025 – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta rumah produksi Visinema menghadirkan karakter animasi lokal Jumbo ke dalam layanan kereta api. Kolaborasi ini menjadi langkah strategis untuk mendorong ekosistem ekonomi kreatif nasional melalui pemanfaatan transportasi publik sebagai kanal promosi dan ruang pengalaman budaya yang menjangkau jutaan masyarakat.

Kolaborasi ini mempertegas sinergi antara KAI, pemerintah, dan pelaku industri kreatif dalam memperluas eksposur IP lokal dan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan potensi industri kreatif yang besar. Dengan menghadirkan karakter Jumbo dalam layanan kereta api, KAI menunjukkan komitmennya untuk menjadi ruang promosi kreatif yang inklusif dan aktif mendukung karya anak bangsa.

“Kereta api memiliki daya jangkau yang luas, frekuensi perjalanan tinggi, dan segmen pelanggan yang beragam. Ini menjadi peluang besar bagi IP lokal untuk hadir langsung di ruang publik secara berulang dan berdampak,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa. 

Sekretaris Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dessy Ruhati menyatakan bahwa kehadiran karakter Jumbo di layanan KAI merupakan contoh konkret kolaborasi antar-sektor yang menciptakan nilai tambah ekonomi. 

“Kolaborasi seperti ini menghubungkan pelaku ekonomi kreatif dengan masyarakat luas. Ini adalah bentuk keberpihakan terhadap industri lokal yang patut diapresiasi,” ujarnya.

Hadis menambahkan, kehadiran karakter Jumbo dalam layanan KAI menjadi bagian dari inovasi perjalanan yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga menyenangkan dan penuh nilai hiburan. Karakter ini dihadirkan melalui desain visual tematik pada dua kereta unggulan yaitu KA Argo Dwipangga (Solo – Gambir pp) dan KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya – Gambir pp), meliputi bagian luar kereta, bordes, hingga interior.

“Perjalanan kereta api kini menjadi lebih dari sekadar mobilitas. Ia adalah bagian dari gaya hidup dan ruang edukasi. Jumbo hadir untuk memperkaya momen perjalanan pelanggan, terutama bagi keluarga dan anak-anak,” tambah Hadis. 

Kolaborasi ini juga memperluas segmentasi pasar KAI, menjangkau keluarga muda dan penumpang anak yang kini semakin diperhatikan dalam pengembangan layanan.

Sebagai IP asli Indonesia, Jumbo membawa narasi positif, nilai-nilai persahabatan, imajinasi, dan semangat kebangsaan. Hadirnya Jumbo di layanan kereta api merupakan bentuk kampanye Bangga Buatan Indonesia, sekaligus upaya untuk membangun kedekatan antara karya lokal dan masyarakat luas.

“Selain di atas kereta, aktivasi bertema Jumbo juga hadir di berbagai stasiun besar. Di Stasiun Yogyakarta, pelanggan disambut oleh balon karakter Jumbo raksasa setinggi lebih dari 4 meter sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2025. Sementara itu, stasiun Gambir, Solo Balapan, dan Pasarturi menghadirkan photo booth interaktif bertema Jumbo yang ramah anak. KAI juga mengadakan program stamp stasiun, di mana anak-anak dapat mengumpulkan cap stempel bertema Jumbo sebagai bagian dari kenangan perjalanan mereka,” tukas Hadis. 

Dengan pengalaman baru yang menggabungkan transportasi, hiburan, dan edukasi, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik layanan kereta api sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan. Pengalaman emosional yang dibangun melalui karakter yang dicintai anak-anak dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat antara pelanggan dan brand KAI.

Selama Semester I 2025, KAI telah melayani 27.463.555 pelanggan KA Jarak Jauh dan Lokal, tumbuh 7% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Tingginya okupansi selama libur sekolah juga mencerminkan antusiasme masyarakat dalam menjadikan kereta api sebagai pilihan utama untuk bepergian bersama keluarga.

“Kereta api kini tidak hanya hadir sebagai moda transportasi massal yang andal, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup modern masyarakat Indonesia. Kolaborasi seperti ini membuka ruang baru untuk inovasi, engagement, dan keberlanjutan industri kreatif nasional,” tutup Hadis.

Tags: #Film Si Jumbo#kai#kolaborasi
Previous Post

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Gelar Seminar Membangun Peta Karir Menuju Profesional

Next Post

Kursus Singkat di London, Pertamina Wujudkan Mimpi Pemenang Best of The Best AJP 2024

Related Posts

Hari Ini Puncak Arus Liburan, Okupansi Kereta Api Tembus 95,79%
BERITA TERKINI

Hari Ini Puncak Arus Liburan, Okupansi Kereta Api Tembus 95,79%

September 4, 2025
KAI Umumkan Perubahan Nomor WhatsApp Contact Center KAI121 Mulai 1 September 2025
BERITA TERKINI

KAI Umumkan Perubahan Nomor WhatsApp Contact Center KAI121 Mulai 1 September 2025

September 1, 2025
Diskon Tiket KA Ekonomi Komersial Masih Berlaku hingga 31 Juli
BERITA TERKINI

Diskon Tiket KA Ekonomi Komersial Masih Berlaku hingga 31 Juli

July 20, 2025
KAI Terapkan Fitur  Female Seat Map
BERITA TERKINI

KAI Terapkan Fitur Female Seat Map

June 26, 2025
Diskon Tiket Hingga 20 Persen di Bulan Mei, KAI Hadirkan Promo Ameizing Trip
BERITA TERKINI

Diskon Tiket Hingga 20 Persen di Bulan Mei, KAI Hadirkan Promo Ameizing Trip

May 5, 2025
Arus Balik Lebaran Diperkirakan Besok, Tiket KA JJ dan Lokal Terjual Lebaran Capai Lebih Dari 4,1 Juta
BERITA TERKINI

Arus Balik Lebaran Diperkirakan Besok, Tiket KA JJ dan Lokal Terjual Lebaran Capai Lebih Dari 4,1 Juta

April 6, 2025
Next Post
Kursus Singkat di London, Pertamina Wujudkan Mimpi Pemenang Best of The Best AJP 2024

Kursus Singkat di London, Pertamina Wujudkan Mimpi Pemenang Best of The Best AJP 2024

Recent Posts

  • Widya Esthetic Clinic Rayakan 10 Tahun dengan memberikan Terapi Imunologi Sel  Bernilai Jutaan Secara Gratis
  • Tegaskan Dukungan Solusi Dua Negara, Presiden Prabowo Ajak Dunia Akhiri Tragedi Gaza
  • Menkeu Purbaya: Ekonomi Indonesia Tetap Resilien di Tengah Dinamika Global
  • Tiba di New York, Presiden Prabowo Siap Berpidato Ketiga pada Sidang Majelis Umum PBB
  • Optimisme Pelaku Pasar Dorong IHSG dan Kapitalisasi Pasar Cetak Rekor Baru
  • Event Cashback Nasional, Dongkrak Perekonomian
  • Deretan Kompensasi Yang Diterima Karyawan GoTo Pasca PHK
  • 22 Agustus, Akan Ada Fenomena Blue Moon
  • Tren Meningkat, Pembiayaan Kendaraan Ramah Lingkungan BSI Tumbuh 476%

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • OPINI
  • BERITA TERKINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored