EconomicReview-Bank KEB Hana raih penghargaan Indonesia Information Technology Award 2023 IITA dari Economic Review. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang mampu melakukan inovasi dan tranformasi digiltalisasi di perusahaanya masing-masing secara berkala dan telah merasakan transforasi digitalisasi mampu membawa perubahan baik daam bisnis perusahaan.
Bersamaan dengan talkhow berjudul Enchancing Corporate Performance Through Digital Transformation : Opportunities and Challenge in The Utilization of Artificial Intellegence, acara penghargaan diberikan secara hybrid.
Bank KEB Hana sendiri hadir secara offline. Dalam kata sambutannya saat menerima penghargaan, Bank KEB Hana yang diwakilkan oleh Diah Oktaviani, Head of IT PMO, Bank Keb Hana, menggatakan bahwa PT Bank KEB Hana terus bertransformasi digital untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.
Pernyataan ini sama dengan apa yang pernah diucapkan oleh Jon Jin Park, Direktur Utama Bank Keb Hana dalam keterangannya di web remi Bank KEB Hana.
“Seiring kami mempertahankan investasi dalam digitalisasi, kami terus mengembangkan dan mendiversifikasi layanan yang kami tawarkan kepada nasabah kami di semua aspek diantaranya, aplikasi MyHana Mobile Banking, MyHana Internet Banking, Corporate Banking System, dan layanan bank digital LINE Bank by Hana Bank. Tujuan utama kami adalah untuk memastikan nasabah kami mendapatkan keuntungan dari kenyamanan dan kecepatan yang ditawarkan oleh teknologi semaksimal mungkin. Pada saat yang bersamaan, kami akan terus menepati janji kami kepada para nasabah dan para pemangku kepentingan, yaitu menjadi perusahaan perbankan yang dipercaya. Hal ini dilakukan melalui dukungan kami untuk memberikan keuntungan dan menjadikan bisnis anda bertumbuh. Kami berharap dapat selalu mendampingi nasabah mencapai tujuan dan maju untuk mengejar peluang di depan. Kami yakin dapat mencapai tujuan bersama dan bergerak maju untuk mengejar peluang di depan. Kami berharap selalu dapat memberikan layanan yang sangat baik dan nyaman kepada nasabah dengan semangat sesuai misi kami “Tumbuh Bersama, Berbagi Kebahagiaan
PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) terus mengembangkan aplikasi MyHana Mobile Banking demi memenuhi kebutuhan layanan perbankan digital bagi nasabah, salah satunya dengan menghadirkan fitur transaksi Reksa Dana secara elektronik bernama Hana AIdvisor. Bank Hana menjadi bank pertama di Indonesia yang menggunakan fitur robo advisor untuk memberikan pengalaman baru bagi nasabah dalam bertransaksi produk investasi Reksa Dana.
Direktur Utama Bank Hana, Jong Jin Park mengatakan bahwa saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang memahami akan pentingnya berinvestasi untuk masa depan,
“Hadirnya Hana AIdvisor diharapkan dapat membantu nasabah meraih hasil maksimal dengan risiko yang dapat disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Fitur ini merupakan keberlanjutan dari komitmen kami untuk terus memberikan layanan dan fasilitas terbaik bagi nasabah dan masyarakat Indonesia.”
Transaksi Reksa Dana secara online melalui MyHana Mobile Banking sebagai media yang dilengkapi dengan fitur advisory. Di mana dengan fitur ini nasabah akan mendapatkan pertimbangan untuk portfolio produk-produk Reksa Dana yang berpotensi membantu mengoptimalkan portfolio nasabah. Sehingga fitur Hana AIdvisor dapat membantu nasabah memulai perjalanan investasinya dengan memberikan pertimbangan dan analisa terhadap pilihan investasi yang akan diambil. Melalui fitur advisory, profil risiko Nasabah diukur saat nasabah melakukan pengisian data, data tersebut kemudian digunakan sebagai dasar analisa yang dicocokan dengan kondisi pasar teraktual. Lebih lanjut, fitur advisory akan memberikan pertimbangan investasi yang sesuai dengan profil risiko nasabah sehingga nasabah dapat melakukan mitigasi risiko sebelum bertransaksi pada produk investasi Reksa Dana di Bank Hana.
“Selaras dengan misi Bank Hana “Growing Together, Sharing Happiness”, kami berkomitmen untuk senantiasa tumbuh bersama nasabah melalui berbagai inovasi yang dilakukan dalam rangka meningkatkan customer experience (CX) yang lebih baik.” tegas Mr. Park.
Menyikapi transformasi dalam proses layanan dan transaksi perbankan digital, PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) telah mengumumkan keberhasilannya meraih sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 sebagai standar yang diakui secara global untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Pencapaian ini membuktikan salah satu komitmen Bank Hana dalam menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi perusahaan.
“Peraihan sertifikasi ISO 27001 ini merupakan wujud nyata komitmen Bank Hana yang secara berkesinambungan terus meningkatkan keamanan sistem informasi layanan perbankan bagi para nasabah. Bank Hana telah membuktikan kemampuannya mulai dari merencanakan, mengelola, meninjau, dan meningkatkan keamanan sistem informasi perbankan sesuai dengan ruang lingkup ISO 27001. Bank Hana telah memenuhi semua tahapan yang diperlukan dalam proses sertifikasi tersebut hingga akhirnya berhasil mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013,” lanjut Mr. Park.
Sertifikasi ISO 27001:2013 mencerminkan komitmen Bank Hana dalam melindungi data nasabah dalam menjaga keamanan informasi yang merupakan bagian dari proses sertifikasi yang ketat terkait sistem, kebijakan serta praktik Bank yang telah diuji dan dinilai secara independen untuk menunjukan kepatuhan dalam memenuhi peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku. Pada praktiknya, sertifikasi ini membantu Bank Hana dalam mengelola dan memitigasi risiko atau ancaman keamanan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan mitra kerja untuk menggunakan produk dan layanan Bank Hana khususnya pada produk perbankan digital.