EconomicReview – Melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband dan layanan, Telkomsel mengawali tahun 2021 dengan mengukuhkaan perannya sebagai connectivity enabler. Kesinambungan komitmen ini tak lepas dari kesuksesan perusahaan saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021) dimana pada kedua momen tersebut trafik layanan data atau payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekitar 36,61 petabyte. Demikian keterangan pers pada Senin (4/1/2021).
Trafik komunikasi pada momen NARU 2020/2021 terlihat ada kenaikan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh 45,98%. Lonjakan trafik komunikasi layanan data ini didorong dengan peningkatan akses layanan digital. Mulai dari akses browsing yang naik hingga 14,4%; layanan streaming video sebesar 9,12%; layanan media sosial sebesar 7,85%; layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai 6,26%; serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61%.
Pencapaian ini didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Mulai dari Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.
Tercatat, layanan e-commerce naik 26,55%, aplikasi berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) yang melonjak hingga 17,58%. Kemudian lonjakan akses browsing naik 17,31%, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28%, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22%, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79%.
Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerce.
Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) pada periode NARU 2020/2021 jika dibandingkan dengan hari biasa 2020, tercatat menghasilkan trafik SMS yang mencapai 612,3 juta pesan singkat, atau tumbuh sebesar 7,02%. Sedangkan untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43%. Jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87%, sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23%.
Menariknya lagi, Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream. Dibandingkan dengan hari-hari biasa di 2020, pertumbuhan pemanfaatan platform virtual meeting/conference CloudX bahkan mencapai 379,55%. Selanjutnya, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43%, sedangkan kenaikan platform video streaming MAXstream mencapai 43,33%.
“Telkomsel bersyukur tetap dipercaya mendampingi pelanggan dalam memaknai momen pergantian tahun dengan rasa sukacita melalui ketersediaan produk, layanan, dan konektivitas yang andal, walau di tengah masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan seperti saat ini,” ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.
“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih baik lagi dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” tandasnya.