EconomicReview – Pandemi Covid-19 memberi dampak bagi seluruh bisnis. Salah satunya adalah fashion retail lokal yang sampai saat ini tetap survive. Hal itulah yang menjadi inspirasi dibalik sesi Fashion Talks di event Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 lalu.
Event ini menghadirkan Pincky Sudarman (CEO PT Alun Alun Indonesia Kreasi), Fetty Kwartati (President Director of PT Sarinah), dan Anton Wirjono (Founder & CEO The Goods Depth) sebagai sosok inspirasi dalam bidang fashion retail.
“Ada banyak pelanggan yang masih ragu datang ke toko meski sudah memasuki fase new normal, padahal pelanggan akan tetap aman karena Grand Indonesia sudah menerapkan protokol kesehatan, tapi sampai saat ini belum ada peningkatan angka penjualan offline,” papar Pincky.
Meski begitu tentu dari pihaknya masih berusaha menyusun strategi agar penjualan terus berjalan. Salah satunya adalah dengan mengandalkan restoran Alun Alun Indonesia yang menjual makanan khas Indonesia.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan ketika penjualan menurun dan hal ini disampaikan oleh Fetty Kwartati. Ia mengatakan kalau Sarinah dengan cepat melakukan tutup toko dan transformasi dengan review konsep bisnis dan rebranding untuk tetap memprioritaskan produk lokal dan UMKM.
Langkah ini pun juga didukung oleh Anton Wirjono yang membuat The Goods Dept mempercepat proses digitalisasi. Menariknya, proses ini membuktikan meski penjualan offline menurun tapi bisa diakali dengan penjualan online yang malah meningkat 3x lipat.