EconomicReview – Shopee akan menutup tahun 2020 ini dengan kesuksesan program ekspor “Dari Lokal untuk Global” yang dicanangkannya. Program yang telah diimplementasikan sejak tahun 2019 dan terus berkembang hingga sekarang ini sukses mendorong UMKM binaannya melakukan ekspor ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara.
Tercatat lebih dari 50.000 produk UMKM terjual setiap hari melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura dan Shopee Filipina. Ini merupakan hasil edukasi dan pelatihan yang mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM melalui program Shopee Bersama UMKM. Rencananya tahun depan akan merambah ke tempat Shopee beroperasi di Thailand dan Vietnam.
Tak hanya itu, terdapat 10 juta produk dari Indonesia telah masuk ke dalam program ekspor dan berkembang secara pesat dibandingkan tahun 2019 yang hanya dimulai dari 5.000 produk. Shopee melalui program ekspor juga mendukung berbagai kategori favorit yang berhasil dipasarkan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Salah satunya adalah Fashion Muslim dan Pakaian Wanita yang didukung dengan promosi dalam hal pemasaran untuk para UMKM lokal untuk program ekspor Shopee Indonesia di Malaysia.
Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, UMKM di Indonesia, secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih telah dipercaya untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ini. Bersama-sama menciptakan ekosistem yang berpihak pada para pelaku bisnis kecil dan menengah,” ujarnya.
“Shopee akan terus berusaha memberikan performa yang optimal dari program-program pendukung UMKM binaan kami sehingga mampu merealisasikan komitmen bersama dalam mendukung UMKM di Indonesia sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian secara maksimal ke depannya.”
Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations memaparkan, Shopee terus berkomitmen mendukung keberlangsungan UMKM salah satunya dengan memperluas akses penjualan dan pemasaran secara digital.
“Gerakan Shopee Bersama UMKM dan program ekspor Dari Lokal untuk Global merupakan awal dari inovasi lainnya yang akan dihadirkan Shopee untuk para UMKM binaan kami. Kami berharap perkembangan program ekspor yang merupakan salah satu fokus penguatan UMKM di masa sulit ini dapat terus didukung oleh berbagai instansi pemerintahan terkait, dan terus berlangsung dengan optimal hingga seterusnya,” ujarnya.