EconomicReview – PT Bank Index Selindo baru saja meraih The Best IT For Bank Company 2023 – Platinum Award pada ajang Indonesia Information Technology Award V 2023 (IITA-V-2023) digelar secara offline yang bertempat di Auditorium Cyber University, Jl. TB Simatupang No.6, Jakarta Selatan maupun online via zoom oleh Economic Review yang diterima langsung oleh Dadan Ichwan selaku Operation Division Head.
PT Bank Index Selindo terus mengembangkan bisnisnya dengan mengandalkan teknologi informasi (TI) yakni FIRST yakni Focus on Customer, Integrity, Result, Search, Study, Share, dan Teamwork itu memiliki fokus usaha adalah di sektor komersial.
Transformasi digital di Bank Index relative berhasil. Hal ini lantaran ditopang oleh tata kelola dan kebijakan IT di perseroan serta didukung pula adanya budaya digital yang kuat di Bank Index.
Terkait tata kelola dan kebijakan IT yang setidaknya memiliki sembilan kebijakan yang dikembangkan sejak tahun 2019 lalu. Pertama, Pedoman Akses Level & Sysval Aplikasi Bank Vision Versi: 5. Prosedur ini terkait dengan pengaturan kewenangan akses level dan setting parameter pada aplikasi Bank Vision. Sejak Desember 2020 lalu.
Kedua, Pedoman Business Continuity Plan (BCP) Versi : 7 yang disusun sejak Januari 2020. Prosedur ini terkait dengan petunjuk yang berisi langkah-langkah secara rinci mengenai organisasi, tanggung jawab dan prosedur dalam upaya pencegahan dan pemulihan suatu sistem saat terjadi gangguan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.
Ketiga, Pedoman e-User Versi: 3 sejak Februari 2020. Prosedur ini terkait dengan tata cara pengajuan user baru, user pengganti, perubahan limit transaksi, penghapusan user id, pengaktifan user (enable), penonaktifan user (disable), dan lainnya secara online.
Keempat, Pedomaan TSI Versi: 9 yang sejak Maret 2022 lalu. Prosedur ini terkait dengan pengembangan praktek manajemen dan operasi yang baik di bidang penyelenggaraan IT dalam rangka membantu kepentingan Bank untuk meningkatkan efisien dan kelancaran tugas serta pelayanan kepada nasabah.
Kelima, Prosedur Sharing Folder Versi: 1 sduah berjalan lama sejak Oktober 2019. Prosedur ini terkait dengan pengaturan ketentuan tentang tata cara penyimpanan dan pendistribusian data terkait pekerjaan, di dalam server Sharing Folder.
Keenam, Prosedur Update Data pada Database Aplikasi Versi : 1 sejak Juni 2020. Prosedur ini terkait dengan ketentuan mengatur mekanisme permohonan update data pada Database Aplikasi ke unit IT. Ketujuh, SOP IT Helpdesk Versi : 1 sejak Maret 2021. Standar ini terkait dengan penanganan insiden yang terjadi sehingga dapat mengantipasi terkait dengan resiko operasional dan reputasi Bank.
Kedelapan, Prosedur SDLC Versi : 1 sejak Maret 2021. Prosedur ini terkait dengan tahapan SDLC , pengembangan system IT. Dan kesembilan, Pedoman Disaster Recovery Plan Versi: 1 yang dikembangkan sejak Mei 2021. Prosedur ini terkait dengan prosedur untuk merespons suatu keadaan darurat, menyediakan system backup operasi selama gangguan terjadi, dan mengelola pemulihan dan menyelamatkan proses sesudahnya.