EconomicReview-Bank OCBC NISP Tbk meraih tiga penghargaan sekaligus diajang Indonesia Human Capital Award VI-2020, dengan meraih Top 4 – The Best Human Capital for Public Company – 2020, 3rd. The Best Human Capital for Bank Company, (sector : BANK-BUKU 3), dengan penilaian Platinum Award ( Score : 93.20) serta penghargaan The Best in Corporate Culture Human Capital Leader – 2020 yang diberikan kepada Julie Anwar sebagai Senior Executive Vice President Head of Human Capital PT. Bank OCBC NISP Tbk.
Dengan semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa, Bank OCBC NISP mampu melalui berbagai tantangan dan terus aktif menghadirkan solusi perbankan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Pengalaman panjang ini menjadi modal yang kuat bagi Bank di tengah perlambatan dan tantangan sebagai dampak pandemi COVID-19 yang dihadapi seluruh industri dari berbagai sektor.
Di tengah tantangan multi dimensi tahun 2020, Bank OCBC NISP mencatatkan pertumbuhan laba sebelum pajak sebesar 12%, DPK, Aset dan Kredit masing-masing tumbuh lebih dari 5%. Pada Q1-2020, Bank OCBC NISP mencatat laba bersih sebesar Rp791 Miliar naik dari Rp765 Miliar pada Q1-2019, sedangkan pertumbuhan laba sebelum pajak mencapai 12,1% YoY menjadi Rp 1,1 Triliun. Total aset Bank tumbuh sebesar 7,8% menjadi Rp191,5 Triliun pada akhir kuartal I 2020 dari Rp177,5 Triliun pada kuartal I 2019.
Di tengah berbagai perubahan dan penyesuaian operasional bisnis akibat pandemi COVID-19, Bank OCBC NISP tetap mempertahankan fungsi intermediasi dengan pertumbuhan DPK sebesar 5,2% YoY menjadi Rp 137,4 Triliun pada kuartal I 2020 dari Rp130,5 Triliun pada kuartal I 2019. Sementara itu, penyaluran kredit senilai Rp123,9 Triliun pada kuartal I 2020, tumbuh 5,4% dari Rp117,5 Triliun pada kuartal I 2019. Fungsi intermediasi dijalankan dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian seperti terlihat dari rasio NPL (non-performing loan) net sebesar 0,9% dan bruto sebesar 1,8%. Dalam kondisi yang menantang, likuiditas bank terjaga memadai dengan LDR sebesar 89,9% dan LFR 87,3%.
“Berkembangnya kasus COVID-19 di Indonesia mendorong Bank OCBC NISP untuk melakukan penyesuaian guna memastikan keberlanjutan operasional Bank. Kami juga terus memastikan Bank menjalankan strategi yang difokuskan pada peningkatan pendapatan non-bunga, melakukan efisiensi dan menjaga kualitas kredit. Kami selalu siap memberikan dukungan kepada nasabah dan masyarakat Indonesia untuk melalui kondisi menantang ini,” jelas Julie Anwar Surjaudaja, Senior Executive Vice President Head of Human Capital PT. Bank OCBC NISP Tbk.
Bank OCBC NISP terus memperluas dan meningkatkan efektivitas penerapan Working from Home yang sudah mencapai lebih dari 80% karyawan di kantor pusat dan lebih dari 70% karyawan di kantor cabang. Bank OCBC NISP tetap berupaya untuk memberikan pelayanan prima bagi nasabah dengan memperkuat layanan #BankingFromHome melalui aplikasi ONe Mobile untuk nasabah individu dan Velocity untuk nasabah korporasi.
Selain memperkuat berbagai solusi perbankan, Bank OCBC NISP juga mengajak nasabah dan masyarakat Indonesia untuk dapat memahami kondisi perekonomian dan kesempatan yang ada melalui diskusi finansial bersama para ahlinya di #TAYTBLiveTalks. Melalui acara yang diadakan secara live saat jam makan siang dari akun IG @ocbc_nisp setiap hari Senin dan Rabu ini, nasabah dan masyarakat bisa mendapatkan berbagai tips untuk mengelola keuangan dan tips investasi agar dapat memaksimalkan dana yang dimilikinya di tengah situasi menantang.