EconomicReview-PT Bank OCBC NISP Tbk kembali mencatatkan pretasinya dengan meraih 1st The Best Public Company for Bank (BUKU IV) diajang bergengsi Indonesia Finance Award-III-2020 (IFA-III-2020). Bank OCBC NISP dinilai senantiasa meningkatkan pengalaman bagi nasabah, salah satunya melalui transaksi mandiri dengan fasilitas yang nyaman dan mudah.
Bank OCBC NISP terus memperluas layanan Premium Guest House yang menyediakan ruang khusus untuk memenuhi beragam kebutuhan jasa layanan finansial nasabah. Untuk lebih memberdayakan nasabah dan masyarakat, Bank OCBC NISP terus mengembangkan kolaborasi dengan pemangku kepentingan lain yang berorientasi pada pertumbuhan dan peningkatan kualitas hidup, termasuk meningkatkan literasi keuangan.
Peluncuran gerakan #NyalakanIndonesia merupakan refleksi historis dari keberhasilan Bank OCBC NISP dalam mengatasi berbagai tantangan dengan semangat ‘Tidak Ada Yang Tidak Bisa’ (TAYTB). Semangat dan sikap optimisme ini diyakini dapat membangkitkan kesadaran nasabah dan masyarakat, antara lain untuk berani dan percaya diri dalam menggapai harapan, termasuk kebebasan finansial.
Bank OCBC NISP kembali menutup tahun 2019 dengan pencapaian kinerja keuangan yang terjaga, antara lain pertumbuhan total aset sebesar 4,1% menjadi Rp180,7 triliun, kredit terjaga sebesar Rp119,0 triliun dan dana pihak ketiga (dpK) sebesar Rp126,1 triliun. Bank OCBC NISP mencatat laba bersih pada tahun 2019 senilai Rp791 miliar. Adapun laba ini tumbuh 3,4% dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar Rp765 miliar. Laba bersih tersebut didorong dari pendapatan bunga operasional lainnya sebesar 57,8% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp719 miliar. Selain itu, pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) tumbuh 8,0% (yoy) menjadi Rp1,66 triliun, total aset tumbuh sebesar 7,8% menjadi Rp191,5 triliun pada akhir kuartal I/2020 dari Rp177,5 triliun pada kuartal I/2019. Sedangkan pertumbuhan DPK sebesar 5,2% (yoy) menjadi Rp137,4 triliun pada kuartal I/2020 dari Rp130,5 triliun pada kuartal I/2019.
Melalui inisiatif transformasi dalam berbagai bidang dan inovasi layanan digital, Bank OCBC NISP terus memperkuat model bisnisnya untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berkembang, memperkuat daya saing, dan menciptakan pertumbuhan berkelanjutan. Bank berhasil melalui kondisi perekonomian yang penuh tantangan dengan membangun budaya inovatif untuk melahirkan inisiatif-inisiatif bernilai tambah. Bank terus menyediakan solusi bagi kebutuhan nasabah dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, baik bagi nasabah maupun Bank.
Bank OCBC NISP berkomitmen menjadi bank yang terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam melayani pemangku kepentingan. Salah satunya melalui pengembangan digital banking untuk mendukung peningkatan produktivitas nasabah ke tahap berikutnya melalui aplikasi mobile banking Bank oCBC niSp, one mobile, dan inisiatif digital lainnya.
Saat ini, secara keseluruhan nilai transaksi di e-channel Bank OCBC NISP meningkat 69% YoY hingga Juni 2020 dengan kata lain meningkat dua kali lipat. Total pengguna internet banking dan ONe Mobile-mobile banking dari Bank OCBC NISP-masing-masing meningkat lebih dari 45% YoY. Dengan beragam perubahan dan penyesuaian operasional bisnis, Bank OCBC NISP tetap menjalankan fungsi intermediasi. Pada akhir Juni 2020, Bank OCBC NISP menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp135,3 triliun atau tumbuh sebesar 4%. Sementara, penyaluran kredit bank mencapai Rp117,6 triliun.