Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Kantar Indonesia: Indomie Tetap Teratas Sebagai the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia

by Indah
June 23, 2023
in BERITA TERKINI, EKONOMI & BISNIS, FINANSIAL, KORPORASI
129 7
0
Kantar Indonesia: Indomie Tetap Teratas Sebagai the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview-Kantar Indonesia, Divisi Worldpanel, baru saja mengeluarkan laporan terbaru terkait Brand Footprint Indonesia 2023. Yakni sebuah penelitian tahunan yang
dilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen.

Brand Footprint mencakup lebih dari 550 merek di lima sektor FMCG, yaitu Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh. Brand Footprint Indonesia tahun ini mewakili 97% rumah tangga di berbagai kota besar dan kota kecil di seluruh daerah urban dan rural Indonesia dari 70 juta populasi rumah tangga.

Managing Director of Kantar Indonesia, Worldpanel Division Venu Madhav, mengungkapkan, kondisi ekonomi makro di Indonesia tahun 2022 menunjukkan resiliensi dengan pertumbuhan PDB yang positif, sekitar 5%. Namun demikian, tahun 2022 juga merupakan tahun yang menantang bagi
konsumen di Indonesia dengan adanya inflasi di sepanjang tahun.

“Oleh karena itu, konsumen beradaptasi dengan menyesuaikan pengeluaran rumah tangga dan mengatur ulang prioritas, sehingga mempengaruhi pilihan brand yang dibeli di sepanjang tahun. Pilihan brand yang berubah-ubah tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi FMCG brands untuk dapat tetap dipilih konsumen,” ungkapnya.

Berikut beberapa fakta menarik dari studi Brand Footprint ditahun ini:
• Mengacu pada rata-rata, jumlah brand yang dibeli oleh sebuah rumah tangga di Indonesia adalah 96 brand; jumlah yang tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sementara frekuensi belanja produk FMCG mengalami penurunan sedikit lebih rendah dari tahun sebelumnya.

• 45% brand dari total 550 brand berhasil meningkatkan CRP (Consumer Reach Points) nya. Angka ini lebih tinggi dari tahun lalu, dimana hanya 41% brand yang berhasil meningkatkan CRP nya.

• Pertumbuhan brand-brand tersebut dipengaruhi oleh peningkatan penetrasi dan frekuensi.
Berdasarkan hasil studi tahun ini, 36% brand dapat bertumbuh CRP nya karena berhasil hanya
dengan meningkatkan penetrasi di pasar, 21% brand bertumbuh karena berhasil meningkatkan
frekuensi belanja, dan sisanya 44% berhasil meningkatkan CRP dari kombinasi kenaikan penetrasi dan frekuensi. Dengan demikian, meningkatkan penetrasi atau merekrut konsumen baru adalah kunci bagi brand untuk tumbuh.

• Untuk berada di 10 peringkat teratas dengan nilai CRP tertinggi, sebuah brand harus memiliki basis konsumen minimal 60% dari total rumah tangga di Indonesia dan dibeli setidaknya 15x dalam setahun.

Senior Marketing Manager of Kantar Indonesia, Worldpanel Division Corina Fajriyani, menjelaskan lebih jauh bahwa, dalam studi tahunan Brand Footprint, Kantar menggunakan sebuah metode yang disebut Consumer Reach Point (CRP) untuk mengukur sejauh mana suatu brand berhasil menjangkau konsumen.

“CRP menggabungkan tingkat penetrasi, yaitu jumlah rumah tangga yang membeli brand tersebut, dengan frekuensi pembelian brand tersebut oleh konsumen. Dengan kata lain,
nilai CRP memberikan gambaran tentang seberapa sering sebuah brand dipilih oleh konsumen,” kata Corina.

Ia menambahkan, di edisi tahun ini, Indomie tetap mempertahankan posisi teratas dari the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia. Posisi berikutnya di peringkat 2 hingga 6 juga diduduki brand yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu (secara berurutan): SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, dan Kapal Api. Selain itu, Cimory, Chiki, dan Chitato dinobatkan sebagai rising star brand karena berhasil menembus peringkat 100 teratas di Most Chosen FMCG Brands tahun ini.

Dalam laporannya Corina mamaparkan beberapa kisah sukses dari brand FMCG yang berhasil meningkatkan nilai CRP-nya dan berhasil mendapat penghargaan di ajang Brand Footprint 2023, diantaranya, Pertama, Cimory, perusahaan ini diketahui telah tumbuh menjadi merek yang dipilih lebih dari 40% rumah tangga di Indonesia. Salah satu faktor keberhasilan Cimory didasarkan pada ketersediaan produk di berbagai channel belanja.

“Selain itu, inovasi varian rasa dan format yang unik pada produk yogurt nya memberikan nilai
tambah untuk konsumen dalam memilih brand Cimory. Sehingga, ekspansi kategori dari susu cair ke kategori yogurt memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah pembeli. Tahun ini, Cimory berhasil menembus peringkat 100 teratas FMCG brands dengan tambahan pembeli baru di tahun 2022 sebanyak 6,7 juta rumah tangga,” terangnya.

Selanjutnya, Ultra Milk, dipaparkan Corina kehadiran Ultra Milk sudah lebih dari 50 tahun dan tetap menjadi pilihan teratas bagi konsumen di Indonesia. Eksistensi Ultra Milk semakin kuat dengan kemampuan meningkatkan basis pembeli
dan terus merekrut pembeli baru.

“Berdasarkan Brand Footprint 2023, Ultra Milk berhasil meraih penghargaan “Most Chosen Liquid Dairy Brand” dengan meningkatkan jumlah pembeli sebanyak 2.2 juta rumah tangga. Salah satu faktor keberhasilan Ultra Milk dalam merekrut pembeli adalah kemampuan brand dalam meningkatkan jumlah pembeli dari berbagai kelompok usia melalui varian
utama nya,” tambah Corina.

Selanjutnya, Pepsodent, Pasta Gigi ini merupakan salah satu kategori yang dibeli oleh hampir seluruh rumah tangga di Indonesia, Pepsodent mampu menjangkau lebih dari 95% rumah tangga di Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan nya adalah memberikan banyak pilihan varian kepada konsumen sehingga Pepsodent mampu menjangkau konsumen dengan beragam kebutuhan pasta gigi, seperti varian
sensitif, herbal, dan lain-lain.

Mengakhiri pembicaraan Venu menyimpulkan, Studi Brand Footpritn ini memberikan gambaran yang menyeluruh tentang industri FMCG yang terus resilient dan beradaptasi dengan tekanan inflasi. Beberapa Brand juga mampu bertumbuh dan terus meningkatkan basis pembeli nya dengan cepat beradaptasi terhadap kebutuhan konsumen.

“Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan sebuah Brand bisa dicapai dengan cepat tanggap dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen. Untuk itu, saya dan seluruh tim Kantar Indonesia menyampaikan selamat kepada semua pemenang Brand Footprint Award 2023,” tutup Venu.

Previous Post

Bank DKI Torehkan Prestasi, Boyong Tujuh Penghargaan

Next Post

Jaga Kelestarian Lagu Tradisional, SDN Jatipulo 03 Usung Harmoni Nusantara Dalam Pensi Sekolah

Related Posts

Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen
BERITA TERKINI

Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen

September 20, 2023
SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN
BERITA TERKINI

SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN

September 19, 2023
Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar
BERITA TERKINI

Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar

September 16, 2023
Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
BERITA TERKINI

Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023

September 14, 2023
Astra International Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
BERITA TERKINI

Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023

September 10, 2023
Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR
BERITA TERKINI

Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR

September 10, 2023
Next Post
Jaga Kelestarian Lagu Tradisional, SDN Jatipulo 03 Usung Harmoni Nusantara Dalam Pensi Sekolah

Jaga Kelestarian Lagu Tradisional, SDN Jatipulo 03 Usung Harmoni Nusantara Dalam Pensi Sekolah

https://economicreview.id/wp-content/uploads/2023/02/Telkom-Manifesto-60s_With-Logo-Digital-Bisa_With-Sub-english_220826.mp4

Recent Posts

  • Midea Indonesia Luncurkan Sejumlah Mesin Cuci Teranyar Sesuai Kebutuhan Konsumen
  • SDN Jatipulo 03 Sambut Baik Sosialisasi GEMARIKAN
  • Penguatan Pendidikan Karakter, SDN Jatipulo 03 Tonton Film Tegar
  • Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
  • Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
https://economicreview.id/wp-content/uploads/2023/02/PRO_30-S_Hires.mp4
  • Sukses Ber-Transformasi Digital, Bank DKI Raih Penghargaan APDI 2023
  • Astra International Sukses Raih Platinum Award The Best Indonesia CSR 2023
  • Gold Award 2023 Buat Komitmen JamSyar Tingkatkan Program CSR
  • Brantas Abipraya Sukses Raih The Best of Indonesia CSR Award 2023

https://economicreview.id/wp-content/uploads/2021/11/CIMB_OCTO_CUT_MINI_15S_ONL.mp4

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored