EconomicReview – Jakarta, 24 Oktober 2024 – EconomicReview-Jakarta, 24 Oktober 2024 – Bankaltimtara, menunjukkan prestasinya kembali. Penghargaan kategori tertinggi Platinum Award, baru saja diraih oleh bankaltimtara di ajang Indonesia IT & Digital Operational Excellence Award (IITA) – VI 2024 dengan tema “Empowering Sustainable Growth Through Digital Innovation, Secure and Agile Transformation,” yang diadakan di Gedung Bripens, Jakarta Selatan, Kamis, 22 November 2024 lalu.
Di ajang bergengsi di bidang IT dan Digital yang diadakan oleh Economic Review ini, terdapat 26 perusahaan yang menerima penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini tentunya didapatkan setelah melalui serangkain penjurian oleh para pakar yang berkompenten. Adapun sebagai Ketua Dewan Juri, Rektor Cyber University, Gunawan Witjcaksono, BSEE, MSEE, PhD, SMIEE, CISA, IPM, DR. dengan anggota lainnya, Ing. Agus Trihandoyo, DEA, Wakil Rektor Cyber University, Ir. Tri Junarso, CEO Wisesalatih Indonesia, Permata Nur M.R, Ph.D,ACA, ACP. Kepala Program Studi Software Engineering Universitas Prasetya Mulya
Dari hasil penjurian, Bankaltimtara meraih nilai 91,30 hingga bisa mendakatkan penghargaan Platinum Award, kategori Regional Development Bank – Asset > 10 T. Hadir menerima penghargaan yang diberikan oleh Irlisa Rachmadiana, Founder Economic Review, Oska Yoris, Pimpinan Divisi Teknologi Informasi Bankaltimtara.
Sesuai dengan visi dan misinya, menjadi The True Regional Champion yang kuat, kompetitif dan kontributif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas dan berkelanjutan, Bankaltimtara sangat focus untuk mengembang sistim IT dan Digitalnya.
Dilansir dari web bankaltimtara.co.id, menghadirkan inovasi baru pada layanan perbankan melalui layanan Digital Self Service (DSS) by Bankaltimtara. Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih mudah dan nyaman bagi nasabah, sebagai bentuk transformasi digital perbankan yang dilakukan Bankaltimtara untuk meningkatkan daya saing serta mendorong peningkatan literasi keuangan digital.
Digital Self Service merupakan cara baru menikmati layanan perbankan bagi nasabah Bankaltimtara yang terdiri atas layanan :Cash Recycle Machine (CRM). Sebuah layanan yang dapat memfasilitasi nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai, setor tunai, pembelian, pembayaran dan transfer yang dapat dilakukan secara langsung dan mudah.
Customer Service Machine (CSM). Layanan yang dapat memfasilitasi nasabah dalam melakukan pembukaan rekening pergantian kartu ATM, dan pergantian kartu ATM/Debit yang telah hilang, sehingga pembukaan rekening dan pergantian kartu ATM dapat dilakukan secara self service.
KIOS. Merupakan layanan untuk memfasilitasi nasabah dalam melakukan transaksi pembelian, pembayaran, termasuk juga transaksi pembayaran pajak dan retribusi daerah serta informasi produk Bankaltimtara.
Saat menggunakan fasilitas layanan DSS by Bankaltimtara, nasabah akan sangat terbantu, karena ada Digital Service Assistant (DISA) yang akan mendampingi dan memastikan pengalaman bertransaksi dan menikmati layanan DSS by Bankaltimtara berjalan dengan lancar.
“DSS, Digital Self Service menjadi salah satu digitalisasi IT yang kita kembangan. Dengan adanya DSS, nasabah bisa bertransaksi langsung seperti pembukaan rekening, Tarik tunai tanpa kartu, tanpa harus ke customer service. Nantinya fasilitas ini tak hanya ada di kantor utama Bank Kaltimtara, tapi juga akan kami buka di IKN,” ujar Osca Yoris, Pimpinan Divisi Teknologi Informasi Bankaltimtara.
Tak hanya itu, DSS by Bankaltimtara juga menghadirkan Minibot Bankaltimtara, merupakan perangkat dengan kecerdasan buatan, yang mampu untuk memberi Greeting sapaan dalam bahasa Inggris saat menyambut nasabah, memberi respon interaksi karena robot ini mendeteksi keberadaan manusia sehingga apabila terdapat halangan saat berjalan sesuai map maka robot akan mencari celah untuk berjalan dan apabila layar robot di sentuh maka Minibot Bankaltimtara mengajak untuk berinteraksi, memandu menunjukan nasabah lokasi layanan, menampilkan informasi produk
Selain Digital Self Service, Bankaltimtara juga melaunching eForm Bankaltimtara yang merupakan akselerasi digital berbasis elektronifikasi dengan cara mengintegrasikan sistem yang ada pada frontliner, mulai dari sistem antrean, formulir digital untuk aktivitas customer service dan aktivitas teller.