EconomicReview-Jakarta, 24 Oktober – Prestasi gemilang di bidang IT dan Digital, kembali diraih oleh bank BUMD milik Pemkab Magelang. Bank Bapas 69 meraih Gold Award – Score 83, 00 – Excellent, Category : Rural Bank Company dalam ajang Indonesia IT & Digital Excellence Award VI 2024.
Gelaran acara tahunan yang sudah memasuki tahun ke enam ini diadakan oleh media portal Economic Review. Mengusung tema “Empowering Sustainable Growth Through Digital Innovation, Secure and Agile Transformation”, acara diadakan di Ballroom Menara Bripens, Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Kamis, 21 November 2024.
Penghargaan diterima secara daring oleh Guntur Saputra, Kasie Akutansi dan Pelaporan Bank Bapas 69.
Indonesia Information Technology Award (IITA-VI-2024) adalah bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada Perusahaan Tbk dan Non-Tbk baik untuk swasta, BPR, BPD, dan Multifinance yang terbaik dalam kategori Teknologi Informasi. Dewan juri berasal dari para pakar dengan latar belakang akademisi dan juga praktisi Teknologi Informasi yang berasal dari berbagai institusi berbeda.
Hadir dalam acara ini, Irlisa Rachmadiana, SSN., MM. Founder dan CEO Economic Review, sebagai pembicara dan Ketua Dewan Juri Rektor Cyber University, Gunawan Witjcaksono, BSEE, MSEE, PhD, SMIEE, CISA, IPM, DR. Ing. Agus Trihandoyo, DEA, Wakil Rektor Cyber University, Ir. Tri Junarso, CEO Wisesalatih Indonesia, Permata Nur M.R, Ph.D,ACA, ACP. Kepala Program Studi Software Engineering Universitas Prasetya Mulya. Dan beberapa petinggi dari Bank, BPR, Multifinance, BPD dan perusahan non finance.
BPR Bank Bapas 69 (Perseroda) terpilih dan mendapatkan penghargaan juga tak lepas dari kinerja dan terobosan inovasi yang dilakukan di bidang IT. Beberapa terobosan inovasi yang menonjol selama beberapa tahun terakhir dari BPR Bank Bapas 69, di antaranya inovasi penguatan sistem Teknologi Informasi (TI). Antara lain pengembangan Aplikasi Quick Bapas, implementasi ATM Cash 24 (ATM Tanpa Kartu ATM), layanan mobile collecting yang terintegrasi dengan sistem online, dan juga pengembangan sistem TI untuk mendukung business proses di internal manajemen yang juga berimplikasi pada peningkatan layanan bagi nasabah.
Inovasi bagi konsumen melalui ATM Cardless, atau tarik tunai tanpa kartu tersebut saat ini masih on progress. Dengan pengembanganm ATM Cardless ini, nantinya nasabah dapat melakukan transaksi 24 jam tanpa terbatas jam operasional bank.
Selain itu, untuk mengimbangi dan memenuhi tuntutan layanan bank secara modern, termasuk adanya tren perilaku digital yang meningkat di kalangan masyarakat sejak pandemi covid-19, BPR Bapas 69 juga melakukan upgrade atau peningkatan knowledge dan skill secara massif bagi jajaran sumber daya manusia (SDM) / human capital.
Di antaranya dilakukan melalui pembinaan di internal -Bapas Training Center (BTC) yang diadakan secara rutin untuk meningkatkan kompetensi SDM baik hardskill dan softkill serta program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) eksternal, termasuk untuk kompetensi sertifikasi.