EconomicReview-Majalah Economic Review bersama para Dewan Juri: PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, Ideku Group kembali memberikan Apresiasi Tertinggi kepada dunia usaha Indonesia yang memiliki sederet keunggulan, dengan menerapkan operational excellence dengan pendekatan Lean Management dan Lean Thinking melalui penyelenggraan ajang Indonesia Operational Excellence Award-III-2020 (IOEA-III-2020).
Dalam penghargaan kali ini PT Bank Bukopin Tbk berhasil meraih penghargaan 2nd The Best Indonesia Operational Excellence-Award, Kategori: Bank Buku III-Aset < Rp 100 T-Public Company, Score (A)-Paltinum-Very Excellent. Bank Bukopin dinilai sukses bertransformasi melalui inovasi dan akuisisi guna menopang kinerja korporasi . Tak hanya itu pencapaian pertumbuhan laba Bukopin tahun 2019 dinilai sesuai dengan rencana dan strategi yang telah ditetapkan Bank Bukopin untuk tumbuh berkelanjutan. Di tengah situasi ekonomi yang cukup menantang, Bank Bukopin dapat menjaga konsistensi untuk terus tumbuh.
Diketahui, eealisasi pencapaian laba bersih Perseroan ini di tahun 2019 dikontribusikan oleh pendapatan bunga dan syariah sebesar Rp2 triliun serta dari pendapatan operasional lainnya (fee based income) sebesar Rp784 miliar. Per 31 Desember 2019, aset Perseroan tercatat Rp100,29 triliun, meningkat dibandingkan posisi aset per 31 Desember 2018, sebesar Rp95,64 triliun. Selama 2019, Bank Bukopin berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp69,54 triliun, meningkat 4,67% dibandingkan realisasi penyaluran kredit pada 2018 sebesar Rp66,44 triliun.
Di sisi lain, tingkat kepercayaan masyarakat kepada Bank Bukopin juga terus meningkat. Tak hayal jika Perseroan ini juga berhasil meluncurkan beberapa layanan baru diantaranya adalah layanan Virtual Interactive Online Assistant yang diberi nama Viola. Layanan tersebut merupakan bentuk inovasi digital banking yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mendapatkan informasi seputar layanan Perbankan dengan lebih mudah dan cepat, khususnya pembukaan rekening baru, setor tunai, tarik tunai, aktivasi kartu kredit, dan blokir kartu serta layanan informasi pribadi nasabah seperti informasi saldo, rekening koran dan informasi seputar kartu kredit Bank Bukopin.
Bank Bukopin akan terus memacu pertumbuhan kinerja tahun 2020, dengan melakukan perbaikan kualitas, peningkatan produktivitas, dan mengoptimalkan proses digitalisasi. Perseroan juga akan memacu pendapatan dari sejumlah produk andalan, diantaranya melalui produk Flexy Bill, yaitu pembiayaan pembayaran tagihan listrik untuk pelanggan korporasi dan Flexy Gas yang merupakan layanan sejenis yang ditujukan bagi pelanggan korporasi untuk membiayai pembayaran tagihan gas, serta Flexy Health, yaitu pembiayaan tagihan BPJS Kesehatan.