EconomicReview-Jakarta, 14 Februari 2025 – PT Bank OCBC (Persero) meraih penghargaan The Best Indonesia GCG Award IX 2025, Gold Award (B) Excellent – Category : Public Company – Sector : Bank.- Asset > 200 T. Penyerahan dilakukan oleh DR. Dewi Hanggareni, selaku Ketua Dewan Juri, yang didampingi oleh Irlisa Rachmadiana, CEO Economic Review, diterima langsung oleh Murti Kusuma Dewi, Coorporate Secretary Specialist, Bank OCBC Tbk, yang digelar pada hari Jumat, 14 Februari 2025 bertempat di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan.
Indonesia GCG Award tahun ini merupakan acara tahunan yang telah digelar untuk kesembilan kalinya. Penghargaan ini digelar oleh Economic Review bersama dengan Indonesia – Asia Institute, PPPI dan Ideku Group.
Dalam laporan Tata Kelola Perusahaan tahun 20234, dijelaskan bahwa Bank berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas implementasi prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance / ”GCG”) guna memastikan bahwa seluruh proses dan mekanisme internal yang dijalankan di lingkungan Bank telah selaras dengan tujuan Bank, serta berperan dalam mencegah terjadinya penyimpangan.
Bank secara konsisten telah menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) dalam menjalankan seluruh kegiatan dan aktivitas Bank melalui penyusunan kebijakan dan prosedur internal yang komprehensif dan terinternalisasi guna terciptanya sebuah sistem yang dapat menjaga keseimbangan terutama dalam hal pengendalian internal perusahaan guna mencapai tujuan dan harapan seluruh pihak yang berkepentingan sehingga dapat menciptakan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan Bank.
Bank memandang bahwa penerapan Tata Kelola yang efektif dan efisien dapat mendukung pencapaian target bisnis Bank melalui perencanaan strategis implementasi Tata Kelola, yaitu dengan membangun komitmen, sistem dan budaya Perusahaan. Terkait hal tersebut, Bank menyadari pentingnya komitmen dari seluruh jajaran manajemen maupun karyawan terhadap peningkatan kualitas penerapan praktik Tata Kelola yang telah ditunjukkan dengan adanya upaya-upaya penyesuaian terhadap praktik Tata Kelola terbaik.

Dewan Direksi telah membentuk Komite Audit, Komite Manajemen Risiko, Komite Nominasi, dan Komite Remunerasi sebagai struktur tata kelola perusahaan tingkat atas Bank. Selain itu, Bank juga telah membentuk komite-komite lain, seperti Komite Eksekutif Manajemen, Komite Manajemen Risiko Kredit, dan Komite Manajemen Aset dan Kewajiban untuk mengawasi operasi Bank sehari-hari. Semua komite memiliki ketentuan acuan khusus untuk memastikan bahwa mereka menjalankan fungsinya dengan baik dan untuk melaporkan kembali kepada Dewan, jika perlu, keputusan dan rekomendasi mereka.