EconomicReview-PT Bank Central Asia Tbk (BCA) baru saja didapuk penghargaan Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021), yang dikemas secara Zoominar GCG hari Jumat, 5 Februari 2021. Dalam penghargaan yang bertema “Standardization of the implementation of sustainable GCG after the pandemic Covid-19” ini BCA meraih peringkat 1st. The Best – Indonesia GCG Award –VI- 2021, Category : PUBLIC COMPANY -BANK – BUKU – IV.
Dewan juri menilai BCA telah mampu membangun institusi perbankan yang unggul, dan secara konsisten telah melakukan self-assessment atas pelaksanaan tata kelola perusahaan. Di sisi lain, BCA secara konsisten terus melakukan komunikasi dua arah dengan nasabah, regulator, dan komunitas pasar modal demi terciptanya transparansi dan keterbukaan informasi perusahaan.
BCA menyadari tata kelola perusahaan yang baik dapat memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan hingga masyarakat dalam menghadapi risiko dan tantangan perbankan yang dinamis. semakin memotivasi BCA memberikan pelayanan perbankan yang mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban dalam kelangsungan usaha yang sehat dan kompetitif untuk jangka panjang (sustainable).
BCA berevolusi mengikuti perkembangan era saat ini di tengah perubahan teknologi digital, perilaku nasabah dan perkembangan lingkungan bisnis.Merespons berbagai perubahan yang terjadi, BCA mengambil langkah dan kebijakan strategis dalam mempertahankan keunggulan layanan perbankan dengan selalu berlandaskan pada pemenuhan kebutuhan nasabah melalui penyediaan produk dan layanan yang berkualitas. Serangkaian inovasi produk dan layanan perbankan senantiasa dikembangkan dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi terkini dengan tetap memperhatikan customer experience. BCA terus mengedepankan budaya inovasi, kerja sama dan kolaborasi yang efektif di setiap lini untuk meningkatkan kesiapan BCA dalam beradaptasi terhadap perubahan.
Sebagai upaya menyediakan solusi dan layanan keuangan yang komprehensif bagi nasabah, BCA telah melakukan pengembangan produk dan layanan yang lebih luas melalui sinergi dengan para entitas anak. BCA memiliki komitmen untuk terus mendukung kinerja entitas anak sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah terhadap produk dan layanan grup BCA secara keseluruhan. Direksi memiliki komitmen untuk mengimplementasikan kebijakan-kebijakan strategis perusahaan dengan selalu memperhatikan praktik-praktik penerapan Manajemen Risiko dan Tata Kelola Perusahaan yang sehat dan memadai. Hal ini melahirkan kepercayaan yang tinggi dari para stakeholder tercermin dari beragam bentuk apresiasi yang diberikan kepada BCA, baik dari regulator, investor maupun lembaga-lembaga terpercaya lainnya.
Kedepan BCA terus mendorong nasabah untuk mengoptimalkan penggunaan digital banking melalui #BankingFromHome. Per triwulan III/2020, nilai transaksi mobile banking BCA tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 28,4% YoY dan internet banking BCA tercatat tumbuh 4,1% YoY. Ada pun frekuensi transaksi mobile banking dan internet banking BCA bertumbuh 62% dan 32% YoY.