EconomicReview-Pelonggaran PSBB menjadi PSBB Transisi sejak akhir Juni lalu dan pelonggaran beberapa restriction di beberapa provinsi, kabupaten, dan kota, ekonomi domestik mulai memperlihatkan geliatnya. Pergerakan masyarakat relative meningkat dan ini menjadi indicator positif bagi sektor perhotelan karena diharapkan akan terjadi peningkatan occupancy paska PSBB.
Terkait hal ini, Pemerintah telah membuat beragam skenario untuk memulihkan pariwisata nasional, dimana tahap awal akan difokuskan pada pemulihan pasar domestik paling tidak hingga akhir tahun 2020 ini. Dengan scenario ini maka yang diperlukan adalah menguatkan keyakinan pasar wisnus untuk melakukan
traveling ke destinasi-destinasi di Indonesia, tentunya dengan penerapan protocol kesehatan agar penyebaran covid-19 dapat dikendalikan.
Angin segar ini turut mendorong PHM Hotels sebagai perusahaan penyedia akomodasi yang sangat mementingkan kepentingan pelanggan, semakin gencar memprioritaskan kebersihan, kesehatan, dan keamanan untuk seluruh tamu dan karyawan internal hotel, terutama selama situasi Pandemi CoViD19 saat ini.
Untuk menunjang hal tersebut, PHM Hotels telah mengembangkan dan mengimplementasikan program “PHM-AmanSafe”. Yakni pelaksanaan program terkait aktifitas pengecekan secara rinci
terhadap ke 12 hotel PHM Hotels, yang memastikan bahwa masing-masing hotel tersebut telah meng-implementasikan seluruh protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan sesuai dengan peraturan pemerintah dan panduan dari The World Health Organization (WHO) serta penerapan roadmap SafeTravels dari The World Travel & Tourism Council (WTTC).
“Program (PHM-AmanSafe) dilaksanakan untuk meyakinkan pelanggan kami bahwa semua hotel kami senantiasa menjamin tingkat kebersihan, kesehatan, dan keamanan tertinggi untuk para tamu dan karyawan kami. Kami memahami pentingnya arti keamanan, kesehatan, dan tentunya kenyamanan bagi para tamu yang
melakukan kegiatan meeting ataupun aktifitas leisure di hotel-hotel kami. Oleh karenanya kami ingin memberikan jaminan dan kepastian bagi para tamu setia PHM Hotels melalui “PHM AmanSafe” ungkap Alexander Nayoan, VP Operation PHM Hotels.
Ia menambahkan, keberadaan program “PHM-AmanSafe” adalah untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman untuk seluruh pelanggan, karyawan dan pihak ketiga. Dimana secara terus menerus PHM Hotels menjaga agar protocol kesehatan selalu terimplementasi dengan baik dan tepat.
“Dengan berjalannya waktu tentunya akan ada Protokol tambahan yang akan dikembangkan dan diimplementasikan dalam waktu dekat. Salah satu contohnya adalah peningkatan pedoman sanitasi yang lebih baik disertai pelatihannya. Contoh lainnya adalah dalam menjaga keamanan dan kualitas makanan serta akomodasi tamu, termasuk praktik kebersihan dan disinfektasi sesuai dengan yang
direkomendasikan. Bentuk layanan makan dalam kamar yang dimodifikasi agar memenuhi kebutuhan tamu, serta layanan prasmanan yang dirancang untuk menunjang protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu dikembangkannya pemesanan makanan dan minuman baru jarak jauh atau secara daring,” papar Alexander Nayoan.
Dengan penerapan “PHM-AmanSafe”, diharapkan semua tamu akan selalu terjaga kesehatan dan kenyamanan mereka selama menikmati liburan maupun akomodasi di ke 12 PHM hotels yang
berada di Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Malang dan Bali.