EconomicReview-PT Central Asia Financial (Asuransi JAGADIRI), layanan asuransi berbasis digital, melakukan gebrakan terbarunya dengan meluncurkan produk JAGA HUJAN, sebuah solusi untuk mengatasi masalah yang dialami para pengguna transportasi online, baik itu motor maupun mobil, di saat hujan. JAGA HUJAN merupakan inovasi produk asuransi di Indonesia yang mengadaptasi produk serupa dari Singapura.
JAGA HUJAN memberikan manfaat perlindungan kecelakaan yang terjadi pada saat hujan bagi pemegang polis sampai dengan Rp10 juta, juga memberi perlindungan kenaikan tarif transportasi online sampai 60% atau maksimal Rp150ribu per-hari dari total biaya perjalanan. Ini semua merupakan penggabungan teknologi, asuransi, dan dompet digital untuk memberikan pengalaman asuransi secara digital, cepat dan mudah.
Kondisi hujan merupakan salah satu kondisi rawan kecelakaan yang bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti curah hujan tinggi, jarak pandang sopir yang terbatas, kondisi jalan yang tidak baik, dan kondisi kendaraan yang tidak prima. Hujan juga merupakan saat dimana harga tarif transportasi online bisa melonjak dua kali lipat atau lebih. Oleh karena itu Asuransi JAGADIRI dan Asuransi HARTA, bersama-sama Income Singapore, OTTO dan OttoPay, menggabungkan keahlian masing-masing untuk mewujudkan sebuah solusi perlindungan dan inovasi yang tercakup di dalam JAGA HUJAN.
“JAGADIRI memahami bahwa pengguna transportasi online semakin meningkat dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tetapi pada kondisi hujan bisa muncul beberapa potensi risiko bagi penggunanya. Kami melihat pentingnya mengembangkan produk perlindungan yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat saat ini, sehingga dapat mendukung produktivitas mereka. Oleh karena itu JAGADIRI bersama Asuransi HARTA, Income Singapore, OTTO dan OttoPay, menciptakan sebuah gebrakan dengan meluncurkan asuransi JAGA HUJAN sebagai sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna transportasi online,” ujar Reginald Hamdani Direktur Utama JAGADIRI.
Lebih jauh lagi Reginald menjelaskan bahwa JAGA HUJAN juga dikembangkan menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat saat ini menggunakan aplikasi digital dalam keseharian, termasuk untuk aktivitas finansial. “Kami ingin semua pengguna JAGA HUJAN dapat melakukan seluruh prosedur dengan mudah secara online. Oleh karena itu, siapa pun yang membutuhkan dapat langsung mengakses www.jagahujan.co.id untuk mendaftar, melakukan pembayaran, serta klaim secara online. Klaim akan dibayarkan melalui aplikasi OTTO ke dalam uang elektronik,” tambah Reginald.
“Pada puncak musim hujan seperti sekarang, JAGA HUJAN adalah sebuah upaya proteksi diri yang efektif dan efisien untuk para pengguna transportasi online. Mereka dapat memilih periode penggunaan sampai 30 hari ke depan dan jenis kendaraan onlline yang digunakan. Jika terjadi kecelakaan, JAGA HUJAN memberikan santunan meninggal dunia sampai dengan 10 juta rupiah dan juga mendapatkan penggantian dari lonjakan harga transportasi online, baik mobil maupun motor, maksimal 60% dari total biaya perjalanan.” jelas Yuda Wirawan, Direktur Marketing JAGADIRI.
Dalam kolaborasi JAGA HUJAN ini, Asuransi JAGADIRI dan Asuransi HARTA berperan sebagai penyedia perlindungan asuransi, Income Singapore mendukung dari sisi teknologi yaitu pengecekan risiko & probabiltas curah hujan serta proses otomasi robot dalam mempercepat proses klaim, OTTO sebagai penyedia dompet elektronik dalam rangka pembayaram klaim Jaga Hujan, dan OttoPay sebagai payment gateway dalam pembayaran premi. Melalui peran masing-masing, Jaga Hujan akan memenuhi kebutuhan pengguna asuransi yang sesuai kebutuhan masyarakat dengan proses pembelian hingga klaim yang mudah.
“Sebagai sesama penyedia asuransi, Asuransi HARTA dan Asuransi JAGADIRI memiliki kepedulian yang sama untuk melindungi pemegang polis saat hujan, sehingga kami berkolaborasi mewujudkan Jaga Hujan. Bagi Asuransi Harta, Jaga Hujan adalah produk kolaborasi pertama bersama Asuransi JAGADIRI dan menjadi sebuah gebrakan inovatif dalam industri asuransi. Maka untuk menyempurnakan Jaga Hujan, Asuransi HARTA memberikan dukungan dengan memberikan perlindungan dari kemungkinan lonjakan tarif transportasi online, ” jelas Rinawati, Direktur Marketing dari Asuransi HARTA
“Kami sangat senang dan bersemangat dengan diluncurkannya Jaga Hujan di Indonesia bersama dengan Asuransi JAGADIRI sebagai mitra strategis kami untuk menata kembali bagaimana konsumen digital, yang semakin mencari kendali dan fleksibilitas, dapat terlibat dengan asuransi. Dengan sesuatu yang kerap terjadi dimanapun, kami berharap Jaga Hujan dapat mempengaruhi cara konsumen di Indonesia menggunakan asuransi dan menanamkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka, didukung oleh kemampuan teknologi yang kami miliki, pengetahuan produk dan juga melokalisasi pengalaman pengguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan asuransi yang sesuai dengan gaya hidup konsumen.” Peter Tay, Chief Digital Officer Income Singapore.
Mekanisme pembelian Jaga Hujan sangat mudah, cepat dan dilakukan secara online di website www.jagahujan.co.id. Setelah mengisi data diri, pilih tanggal perlindungan dan jenis transportasi online yang akan digunakan, bisa langsung melakukan pembayaran menggunakan QRIS. E-polis akan dikirimkan via email kurang dari lima menit. Jika pada hari perjalanan terjadi hujan, maka Jaga Hujan akan mengganti tarif transportasi sampai dengan 60% dari total harga atau maksimal Rp50.000,- untuk motor dan Rp150.000,- untuk mobil.
“Cara klaim Jaga Hujan kami buat semudah mungkin untuk nasabah. Cukup dengan meneruskan email bukti perjalanan di saat hujan ke alamat claim.hujan@jagadiri.co.id Kami akan memproses klaim tersebut dalam 2×24 jam. Klaim akan dibayarkan melalui e-wallet pada aplikasi OTTO.” papar Priska Sari Kurniawan, Direktur Operasional JAGADIRI.
“Jaga Hujan merupakan bentuk nyata dari komitmen Asuransi JAGADIRI untuk memberikan produk yang berpusat pada konsumen, memahami masalah yang terjadi, dan menjadi solusinya. Kami sangat bersemangat untuk menawarkan Jaga Hujan kepada nasabah kami dan berharap dapat terus mengeksplorasi cara-cara baru dan inovatif untuk memberikan solusi yang memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang,” pungkas Reginald.
Asuransi JAGADIRI memahami kebutuhan masyarakat Indonesia dengan memberikan perlindungan yang masuk ke dalam setiap aktivitas dan kondisi dengan biaya premi yang terjangkau untuk semua. Masyarakat bisa merasakan kebebasan dalam memilih jenis asuransi, premi dan durasi sesuai kebutuhan dengan pembelian dan klaim yang mudah dan tidak merepotkan.