EconomicReview – Bank DBS Indonesia berhasil meraih penghargaan 1st The Best Indonesia Operational Excellent Award (IOEA-III-2020) untuk kategori bank Buku III. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi terhadap perseroan yang dinilai baik dalam penerapan operasional perusahaan.
Penghargaan tersebut diserahkan dalam ajang “Indonesia Operational Excellence – Zoominar & Indonesia Operational Excellence Award – III – 2020” (IOEA-III-2020) yang mengangkat tema : ”Enhancing Operational Excellence Facing 21st Global Competition in Industry 4.0 Era through Lean Management”.
Ajang tahunan ini merupakan gagasan Majalah Economic Review bersama para Dewan Juri: PQI Consultant, Indonesia-Asia Institute, Ideku Group yang memberikan Apresiasi Tertinggi kepada dunia usaha Indonesia yang memiliki sederet keunggulan, dengan menerapkan operational excellence dengan pendekatan Lean Management dan Lean Thinking. Selain sebagai bentuk apresiasi, penghargaan ini juga tantangan dalam memacu dan memotivasi perseroan untuk terus mengukir prestasi ke depannya.
![](https://economicreview.id/wp-content/uploads/2020/12/dbs1.jpg)
Jika dilihat kinerjanya, Bank DBS memang layak memperoleh penghargaan tersebut. Prestasi ini menegaskan pengakuan atas kinerja Bank DBS Indonesia yang mampu dengan cepat beradaptasi serta memanfaatkan peluang di tengah disrupsi. Melalui prinsip “Live more, Bank less”, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk memberikan pengalaman perbankan yang lengkap, mudah, praktis dan tanpa hambatan kepada nasabah di mana saja.
Di sisi lain, bisnis Bank DBS tetap tumbuh di tengah pandemi Covid 19 yang masih berlangsung. Hal ini tak lepas dari strategi perseroan yang sangat mengadalkan segmen korporasi termasuk nasabah korporasi yang bergerak di bidang e-commerce dan financial technologies. Bidang lainnya terkait penyaluran kredit yang bisa tumbuh positif hingga akhir tahun ini sekitar 3% sampai 4% sesuai dengan harapan OJK.
Bank DBS telah melakukan transformasi digital secara menyeluruh, beralih dari bank konvensional menjadi bank digital dengan meluncurkan Digibank by DBS di Indonesia sejak tahun 2017. Hasilnya bisa terlihat selama pandemi dimana ada perubahan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari termasuk kegiatan perbankan. Transaksi online meningkat sebesar 75% rata-rata pada fitur bayar&beli dan penggunaan kartu debit. Peningkatan transaksi keuangan ini membuktikan bahwa fitur dan layanan perbankan digital memudahkan nasabah dapat tetap memenuhi kebutuhan transaksi keuangan mereka, terlebih di era normal yang baru.