EconomicReview-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan dengan predikat 2nd. The Best– Indonesia GCG Award –VI- 2021, Category : PUBLIC COMPANY – BANK – BUKU – IV – State Owned Enterprises Company dalam ajang Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021), yakni penghargaan yang dikemas secara Zoominar GCG hari Jumat, 5 Februari 2021 dengan tema “Standardization of the implementation of sustainable GCG after the pandemic Covid-19”
BNI dinilai telah mampu menjalan komitmen penuh sebagai perusahaan terbuka atau Emiten yang secara terus menerus melakukan perbaikan dan meningkatkan efektivitas strategi internalisasi Tata Kelola Perusahaan. Oleh karenannya pemahaman bahwa peningkatan kualitas penerapan GCG yang efektif dan berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan ini.
BUMN Perbankan ini meyakini bahwa penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, merupakan salah satu pilar yang kokoh untuk menopang Perseroan dalam menghadapi setiap tantangan, termasuk tantangan dalam menghadapi disrupsi di era ekonomi digital. Bagi BNI, implementasi GCG bukan hanya sekadar kewajiban, namun merupakan suatu kebutuhan dan fondasi dalam menjalankan kegiatan usaha serta dalam rangka menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan pengurusan Bank kepada seluruh pemangku kepentingan.
Tak hayal jika BNI berkomitmen untuk menerapkan prinsip kehati-hatian (prudential banking) dan secara konsisten mengedepankan etika dan integritas dalam pengelolaan Bank dengan tujuan untuk mendorong peningkatan kinerja, memberikan jaminan dipenuhinya hak-hak para pemangku kepentingan (stakeholders), serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku umum pada industri perbankan.
Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh pegawai BNI berkomitmen untuk mengimplementasikan standar tinggi dalam penerapan prinsip-prinsip GCG. Prinsip-prinsip tersebut menjadi referensi bagi pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, menghindari konflik kepentingan, optimalisasi kinerja, dan peningkatan akuntabilitas. Seluruh insan BNI juga akan terus meningkatkan kualitas pelaksanaan prinsip-prinsip GCG di seluruh aspek kegiatan usaha bisnisnya termasuk pada Perusahaan anak secara terintegrasi.
Seiring berkembangnya Best Practices pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan, baik pada industri perbankan maupun industri jasa keuangan, sebagai bank BUMN yang terdaftar di pasar modal, BNI memahami bahwa penerapan dan pengembangan GCG memiliki manfaat yang sangat besar bagi BNI. Dengan adanya penerapan dan pengembangan GCG, BNI memiliki pedoman dalam menjalankan kegiatan usaha bisnisnya agar senantiasa selaras dengan tujuan dan kebutuhan setiap stakeholder. Keselarasan antara stakeholder dan BNI akan menumbuhkan sikap saling percaya dan sikap yang kondusif di lingkungan Bank yang berujung pada peningkatan sifat kerja unggul dan profesionalisme di setiap insan BNI.