EconomicReview-EIGER Adventure (EIGER), brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia, dan Lazada Indonesia (Lazada) memperkuat kolaborasi dalam inisiatif keberlanjutan (sustainability) untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia demi kelestarian alam dalam jangka panjang dan memastikan operasional bisnis yang berkelanjutan.
Komitmen kerja sama antara EIGER dan Lazada yang telah terjalin lama diperkuat dengan memperkenalkan kemasan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) dan lebih ramah lingkungan khusus untuk pelanggan EIGER yang berbelanja melalui platform Lazada. EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project dengan gerakan upcycling yang akan dijual secara eksklusif di Lazada.
Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sejagat pada tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun, menjadikan persoalan sampah selayaknya menjadi prioritas untuk segera ditangani.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk
menjaga lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan sampah ini. Kerja sama antara EIGER dan Lazada ditujukan diantaranya untuk mendorong dan mempromosikan perilaku lebih ramah lingkungan demi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.
Harimula Muharam, GM Product & Sustainability Project Leader EIGER Adventure menjelaskan sejak
tahun 2021, EIGER telah mengukuhkan komitmennya untuk dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan.
“Melihat perkembangan bisnis digital EIGER Adventure yang meningkat pesat khususnya melalui platform Lazada, kami menyadari adanya dampak yang dihasilkan terutama sampah plastik dari pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kami untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berkelanjutan kepada seluruh konsumen,” ujar
Harimula.
Dalam kolaborasi antara EIGER dan Lazada, keduanya berkomitmen untuk memulai rantai pasokan yang
lebih ramah lingkungan dengan menggunakan material dus pengiriman bersertifikasi FSC dan mengganti
bubble wrap berbahan plastik menjadi honeycomb paper wrap dari hasil daur ulang limbah dus.
Dalam kemasan kardus tersebut, akan ada QR Code yang bisa dipindai dan mengarahkan pelanggan ke laporan keberlanjutan EIGER dan Lazada untuk memahami lebih lanjut inisiatif keberlanjutan dari kedua
perusahaan.
“Lazada dan EIGER memiliki kesamaan semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam.
Karena itu kami menyambut baik kerjasama lanjutan dengan EIGER untuk mempromosikan gaya hidup
lebih ramah lingkungan. Kami berharap inisiatif yang dijalankan bersama EIGER ini bisa memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ bagi para pelanggan Lazada dan mendorong brand lainnya di Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” tutup Adiputra
Wiharja, SVP Logistics Lazada Indonesia.