EconomicReview-Tak dapat dipungkiri ketidakpastian akibat situasi pandemi COVID-19 belum dapat diprediksi waktu akhirnya. Tak hanya mengganggu kondisi dibidang kesehatan, perekonomian nasional dan global, pandemi Covid-19, juga mempengaruhi kondisi sosial masyarakat. Efek yang ditimbulkan ke setiap individu pun beragam, salah satunya meningkatnya rasa cemas dan stres sebagai dampak perubahan rutinitas dan interaksi yang terjadi di lingkungan.
Sadari pentingnya kesehatan mental bagi karyawan selama massa work from home (WFH) di tengah pandemi COVID-19, Allianz Indonesia meluncurkan “Employee Assistance Program”, yakni sebagai dukungan moril nyata bagi karyawan. Dimana kesehatan fisik dan mental karyawan terus menjadi fokus utama bagi perusahaan.
Yang membedakan program ini dan membuatnya cukup unik yakni, melalui “Employee Assistance Program”, Allianz Indonesia menyediakan layanan konsultasi pribadi untuk karyawan dengan psikolog profesional. Dalam hal ink Karyawan dapat melakukan konsultasi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, baik terkait lingkungan kantor maupun kehidupan pribadi.
Dan selama masa pandemi Covid-19, layanan ini dapat dilakukan secara virtual, dan setelah kondisi kembali normal layanan ini dapat dinikmati secara tatap muka.
“Bagi Allianz Indonesia, karyawan merupakan aset terpenting bagi perusahaan, sehingga kami terus berupaya untuk memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai, termasuk dukungan moril. Employee Asistance Program ini kami hadirkan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat stres karyawan dan membantu mereka dalam menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi, baik masalah personal maupun professional, agar ke depannya dapat menjalani rutinitas yang lebih baik dan sehat. Sejauh ini, feedback yang diberikan oleh karyawan atas bantuan layanan ini sangat positif dan mendapatkan nilai Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi,” ungkap Chief Human Resources Officer Allianz Indonesia Juanita Wibowo.
Ia juga menjelaskan melalui program ini, perusahaan juga ingin terus meningkatkan engagement antara perusahaan dan karyawan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang lebih sehat dan menyenangkan.
Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 9 juta tertanggung di Indonesia
Employee Assistance Program dirancang bagi seluruh karyawan Allianz Indonesia yang menjadi fasilitas agar karyawan dapat memahami dan mengklarifikasi masalah yang terjadi, mengidentifikasi dan mengeksplorasi opsi untuk mengatasi masalah tersebut, serta mengembangkan rencana untuk menghadapi masalah dan menemukan solusi yang bersifat konstruktif melalui layanan konsultasi bersama psikolog profesional dengan menunjang tinggi asas kerahasiaan informasi.
Selama masa bekerja dari rumah, program ini dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi chat Microsoft Teams dengan durasi satu jam bagi setiap peserta yang akan berkonsultasi.
”Kami berharap dengan pelaksanaan Employee Assistance Program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup karyawan agar mencapai kehidupan yang lebih baik dan seimbang,” tutup Juanita.