EconomicReview– Sejak terjadinya pandemi COVID-19 di Indonesia, dan grafik infeksi yang masih terus bertambah, salah satunya indikator klaim COVID-19 yang terus meningkat. Tak lantas menghambat PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) untuk terus berinovasi, terbukti kali ini Generali meluncurkan inovasi terbaru yakni produk berbasis unit link yang memiliki fitur unik, GenSMART dan aplikasi digital iPropose.
Tercatat hingga 30 September 2020, Generali telah membayarkan 206 klaim terkait COVID-19 senilai Rp20,2 miliar, jumlah kasus mengalami peningkatan sebesar hampir 9 kali lipat dan nominal klaim sebesar 11 kali lipat dibandingkan klaim yang sebelumnya telah dibayarkan Generali per tanggal 20 April 2020.
Berdasarkan yang dilakukan oleh Generali Group di 22 negara dan melibatkan 13.000 responden tersebut, tercatat 56% dari responden merasa perlu untuk memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan di tengah krisis yang terjadi.
Chief Executive Officer Generali, Edy Tuhirman mengatakan tingginya risiko kesehatan mendorong masyarakat yang sudah memiliki polis untuk meningkatkan pertanggungan yang telah dimiliki saat ini. Akan tetapi, pada situasi pandemi ini Pemerintah masih menerapkan berbagai protokol kesehatan, termasuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh ataupun transisi, serta menggalakkan imbauan jaga jarak bagi masyarakat.
“Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi
masyarakat untuk bisa menjangkau produk asuransi yang dibutuhkan. Melihat kebutuhan tersebut, Generali terus melakukan inovasi. Peluncuran Gen SMART dan iPropose adalah bagian dari inovasi kami untuk terus membantu nasabah dan mendampingi di berbagai situasi, khususnya di situasi pandemi covid-19 saat ini. Secara berkesinambungan, kami juga terus memantau pergerakan kebutuhan nasabah dan masyarakat untuk dapat memberikan solusi yang tepat,” papar Edy Tuhirman dalam peluncuran produk baru Generali secara virtual, Rabu (21/10).
Hadir pula dalam peluncuran direksi dan
manajemen Generali Indonesia, diantaranya Jutany Japit selaku Chief Operating Officer dan Vivin Arbianti Gautama selaku Chief Marketing Officer.
Ditambahkan Edy, dengan melihat dari perspektif 00 apa yang dirasakan nasabah, Generali membangun empati dan menggali berbagai potensi untuk melahirkan berbagai ide dan terobosan untuk bisa memberikan kemudahan, baik dari produk maupun layanan yang diberikan. Ini adalah landasan dasar dari inovasi-inovasi yang dikembangkan tanpa henti.
“Hadirnya terobosan terbaru ini merupakan bagian dari komitmen Generali untuk fokus terhadap kebutuhan nasabah. Ke depan, Generali terus menggerakan berbagai inovasi dan terobosan baru untuk bisa hadir dan mendamping nasabah di setiap tahap kehidupan,” tegas Edy.
Masa Depan 3X Lebih Smart
Mengerti pentingnya meningkatkan proteksi di masa pandemi, Generali meluncurkan GenSMART produk asuransi berbasis unit link dengan fitur unik yang dapat memberikan 3X perlindungan lebih optimal. Produk ini khusus dirancang untuk nasabah ataupun masyarakat yang saat ini sudah memiliki polis asuransi unit link dan ingin meningkatkan nilai proteksi yang dimilikinya.
Adapun 3 fitur unik GenSMART yang memberi manfaat lebih optimal, yaitu : (1) SMART Start yakni alokasi dana investasi yang lebih besar, di periode awal polis berjalan, sehingga nilai investasi yang terbentuk lebih optimal dan proteksi lebih terjaga. (2) SMART Allocation yakni tambahan investasi sampai dengan 8% setiap tahunnya dari premi yang telah dibayarkan, dan nilai investasi yang terbentuk terus meningkat. (3) SMART Future yakni manfaat tunai sampai dengan 100% dari Uang Pertanggungan (UP)
yang bisa nasabah dapatkan saat mencapai usia 85 tahun, sehingga nasabah bisa tetap memiliki dana yang cukup untuk menjalani masa tua sesuai dengan harapan.
“Produk ini juga kami lengkapi dengan manfaat tambahan seperti kesehatan dan penyakit kritis yang tentunya sangat penting untuk dimiliki nasabah di masa pandemi. Di tengah iklim investasi yang tidak menentu ini, GenSMART juga dapat dilengkapi RoboARMS yang bekerja layaknya robot asisten pintar yang mengelola investasi yang ada di dalam produk unit link sesuai dengan kondisi pasar serta melakukan serangkaian langkah adaptif secara 24 jam,” kata Edy.
Beli Polis Mudah dengan iPropose
Physical distancing selama pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi nasabah untuk dapat
menjangkau proteksi yang dibutuhkan. Masa pandemi membuat sebagian besar gaya hidup
masyarakatpun berganti, dari yang tadinya sebagian besar adalah dengan interaksi fisik atau tatap muka menjadi serba virtual.
“Kami melihat kendati sudah mulai terbiasa dengan teknologi digital, nasabah juga sangat memerlukan rasa aman, khususnya dalam bertransaksi dengan menggunakan teknologi. iPropose hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut,” jelas Edy.
Dilanjutkannya melalui aplikasi digital ini, nasabah dapat dengan mudah melakukan konsultasi finansial dengan tenaga pemasar Generali dan mengidentifikasi dan memilih kebutuhan proteksi. “iPropose juga memberikan rasa nyaman dan tenang bagi nasabah dalam bertransaksi dengan adanya verifikasi pada pengajuan, persetujuan polis, serta dalam hal pembayaran premi melalui ponsel pribadi dimanapun dan kapanpun,” janjinya.
Melalui aplikasi iPropose, nasabah akan dapat menjangkau lebih dari 11.000 tenaga pemasar profesional Generali yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan bisa memiliki produk asuransi sesuai dengan tujuan dan keinginannya, baik untuk meningkatkan proteksi melalui produk GenSMART maupun berbagai produk-produk Generali lainnya. Semua ini dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel dalam
waktu yang singkat, kapan saja dimana saja.