EconomicReview-PT Bank Bank Central Asia (BCA) menorehkan presatasi dengan meraih tiga penghargaan sekaligus dalam even bergengsi Indonesia Corporate Social Responsibility Award -IV – 2021 (IC SRA -IV – 2021), yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review, bekerjasama dengan Indonesia – Asia Institute, Ideku Group berserta para Dewan Juri berkompeten, sedikit berbeda dengan tahun-tahun penghargaan sebelumnya, penghargaan ICSRA-IV-2021 diselenggarakan secara Offline dan online, yakni pelaksanaan offline terselenggara di Prama Sanur Beach Hotel, Denpasar Selatan, Bali dan diselenggarakan pula secara online melalui zoominar.
Adapun ketiga penghargaan yang berhasil di dapatkan yakni: The Best Of The Year, CSR Of The Year 2021 – Juara Umum-I Category: Public Company – Finance Company, 1st The Best Of The Best, CSR Of The Year 2021 , Category: Public Company – Finance Company (Bank Buku III) serta penghargaan The Best Indonesia CSR Senior Leader 2021, Category : Public Company – Finance Company yang diberikan kepada EVP Corporate Social Responsibillity PT Bank Bank Central Asia (BCA), Tbk Inge Setiawati.
Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kontribusi BCA bagi pemangku kepentingan dan lingkungan hidup. Kontribusi ini menjadi nilai tambah bagi pemangku kepentingan, sejalan dengan salah satu misi BCA yaitu meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholders BCA. Selain itu, program CSR juga merupakan bentuk dukungan BCA dalam mencapai Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan Keuangan Berkelanjutan.
Dalam pelaksanaannya CSR yang dilakukan oleh BCA, mengacu ke ISO 26000. CSR oleh bank tersebut banyak bersentuhan dengan dunia pendidikan. BCA menggunakan indikator Social Return on Investment (SCOI) dalam penilaian dampak terhadap bisnis tersebut. CSR BCA banyak mengedukasi tentang green attitude kepada karyawan. Dengan edukasi tersebut, terbukti karyawan BCA saat ini lebih bersikap ramah lingkungan dalam keseharian, seperti mematikan lampu saat ruangan ditinggalkan, menggunakan kertas daur ulang, dan lain-lain.
Di tengah penyebaran pandemi Covid-19 saat ini, BCA berkomitmen untuk mendukung penanganan pandemi ini secara berkesinambungan, mulai dari bantuan kepada tim medis, pasien maupun masyarakat terdampak. BCA melalui Bakti BCA aktif menyalurkan bantuan terkait penanganan Covid-19 dengan penyaluran deteksi dini pasien berupa rapid test kit. Total penyaluran donasi atas “Bakti BCA” untuk penanganan Covid-19 di Indonesia mencapai Rp12 miliar sampai awal kuartal kedua di tahun 2020. Sebelumnya ditahun yang sama, BCA juga memberikan donasi kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto berupa 4 unit ventilator senilai lebih dari Rp 2,7 miliar dan melalui crowdfunding BenihBaik.com yang diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Apa yang dilakukan BCA yang sejalan dengan komitmen CSR BCA, merupakan wujud nyata dukungan dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Perseroan juga melakukan penyaluran bantuan kesejahteraan untuk masyarakat pekerja rentan yang terdampak pandemi berupa bantuan kesempatan mendapatkan permintaan produk masker kain dan sembako serta penyaluran bantuan bersama regulator, pemerintah daerah, maupun mitra BCA dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19. BCA sebagai salah satu bank nasional pun turut aktif menghadirkan sentra vaksinasi di berbagai wilayah. Kehadiran sentra vaksinasi menjadi bagian dari program Corporate Social Responsibility yang dimiliki BCA. BCA menyadari peran aktif swasta dalam mendukung program pemerintah saat ini, yaitu vaksinasi, sangat diperlukan untuk mempercepat terbentuknya herd immunity di Indonesia. BCA terus berperan aktif dalam menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat luas di berbagai wilayah. Tidak hanya dalam bentuk sentra vaksinasi, BCA juga turut serta mendukung beberapa program vaksinasi yang diadakan oleh berbagai institusi.