EconomicReview – Dalam perhelatan penghargaan bergengsi Indonesia Information Technology Award (IITA) yang telah memasuki periode ke empat di tahun 2022 ini, Bank Sumut sukses meraih Gold Award (Excellent) untuk The best IT for bank, kategori perusahaan BPD.
IITA ini merupakan sebuah bentuk penghargaan/apresiasi tertinggi yang diberikan kepada Perusahaan Tbk dan Non-Tbk baik untuk swasta, BUMN, dan BUMD yang terbaik dalam kategori Teknologi Informasi.
Penghargaan IITA IV 2022 ini bertepatan dengan usia Bank Sumut yang ke-60. Di usia ini, manajemen Bank Sumut terus melakukan transformasi dan meningkatkan kualitas pelayanan. Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menegaskan bahwa pada usia ke-60 tahun, Bank Sumut sudah sangat matang dan dewasa.
Saat ini, Bank Sumut telah memasuki era digitalisasi, sebuah era keniscayaan karena semua sektor harus mengikuti perkembangan dunia digital termasuk perbankan. Dua tahun terakhir, Bank Sumut telah banyak bertransformasi.

Mobile banking Bank Sumut sangat bagus, Sumut Debit bisa digunakan di seluruh merchant. Begitu pula, ATM yang dapat melayani nasabah dengan tingkat kesuksesan transaksinya sangat tinggi, dimana Service Level Agreement (SLA) telah mencapai 99 persen. Ini merupakan suatu perubahan yang cukup pesat. Selain itu juga Bank Sumut mempunyai Internet Banking untuk korporasi, layanan QRIS yang sedang dikembangkan dengan transaksi Mobile Banking.
Selain itu, produk yang paling membanggakan Bank Sumut yaitu Sumut Link. Sumut Link merupakan layanan dengan konsep sharing fee dengan agen yang akan bekerjasama dengan Bank Sumut. Ini menjadi peluang kesempatan bekerja bagi perorangan yang ingin menjadi agen Sumut Link di mana saja.
Adanya layanan ini sangat memudahkan masyarakat mengakses layanan Bank Sumut meski belum ada unit kantor Bank Sumut di daerah. Melalui Sumut Link, semuanya bisa dilakukan mulai dari pembukaan rekening, tarik tunai, setoran tunai, transfer antar bank, dan pembayaran serta semua bentuk layanan perbankan dapat dilakukan di Sumut Link.
Untuk tingkat digitalisasi Bank Sumut telah berada di posisi kedelapan dari 10 rating. Ke depan, nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang. Artinya, nasabah yang ingin membuka rekening cukup dengan pembukaan rekening secara selfie saja.
Bank Sumut juga memberikan kemudahan bagi nasabah dalam pengajuan kredit dengan memproses di KMG Online ataupun Kredit Fast pada website Bank Sumut. Ini satu di antara strategi Bank Sumut dalam menghadapi fintech yang semakin meluas.
Kehadiran Bank Sumut menjadi jawaban dari kebutuhan itu, sehingga nasabah bisa melakukan keduanya dengan KMG Online. Dimana nasabah bisa mengajukan kredit multiguna secara online tanpa harus datang ke kantor cabang, dan dalam hitungan jam saja bisa langsung cair.