EconomicReview – PT PLN (Persero) menjalankan proses bisnis dengan berfokus pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang seimbang dan berkesinambungan melalui empat pilar utama yang terintegrasi, yaitu Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Tata Kelola.
Sejalan dengan misi untuk menjadi perusahaan energi yang berwawasan lingkungan, PLN telah mengawal program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam Community, Involvement dan Development (CID) berbasis SDGs. Sebagai bentuk komitmen peran serta dalam pembangunan berkelanjutan, PLN melaksanakan program CID pilar sosial, ekonomi, dan lingkungan melibatkan pengembangan komunitas masyarakat demi meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan.
Pelaksanaan program CID dilakukan berdasarkan inisiatif keberlanjutan yang mampu menciptakan impact jangka panjang. Dalam praktik CID, PLN melakukan pemetaan strategi yang selaras dengan proses bisnis perusahaan.
Sebagai entitas BUMN kelistrikan, PLN memiliki komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan yang dapat memberi kemanfaatan secara ekonomi, sosial, lingkungan, hingga hukum dan tata kelola. Termasuk, turut mendorong pertumbuhan dan kemajuan UMK di Tanah Air, melalui penyediaan fitur marketplace di platform PLN Mobile.
“Bagaimana PLN mendesain program TJSL? Kata kuncinya adalah sustainability, compliance, dan citra. Mengintegrasikan bisnis perusahaan dengan kepentingan pemangku kepentingan sebagai creating share value (CSV). Dalam menjalanlkan TJSL kami juga menggunakan standar internasional,” kata Agus Yuswanta, Vice President CSR PT PLN (Persero) pada satu kesempatan.
Dengan komitmen tersebut, PLN sukses meraih penghargaan bergengsi Indonesia CSR Award VI 2023 yakni peringkat ketiga The best of Indonesia CSR VI 2023 dengan skor 95,38 (Very Excellent) untuk dua kategori yakni CSR – State Owned Enterprise Company – TJSL BUMN serta SDGs Program “PLN EMPOWER (PLN: Pintar – Power – Green).
Penghargaan bergengsi ini memperkuat desain program TJSL PLN erat kaitannya dengan visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan pilihan utama pelanggan untuk solusi energi. PLN juga mengusung misi menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
Kemudian, menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi, serta menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan EconomicReview kepada kami. Semoga program JSL yang kami kembangkan ini bisa lebih diterima dan bermanfaat bagi bumi, masyarakat dan lingkungan. Hal ini sesuai tagline PLN yakni Listrik untuk Kehidupan,” pungkas Taufik, mewakili PLN saat menerima penghargaan Indonesia CSR Award 2023.