EconomicReview-Untuk kesekian kalinya, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mengelar jelajah Virtual UMKM YDBA Industri Manufaktur dan Kuliner. Kali ini dengan mengambil umkm yang berlokasi di Tarikolot Bogor dan Bontang Kalimantan Timur, terbukti kedua UMKM binaan YDBA ini tetap eksis sepanjang pandemi.
Kegiatan jelajah virtual ini masih menjadi rangkaian kegiatan yang sejalan dengan tema HUT Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) ke-41 yang akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2021, yakni inovasi dan kolaborasi menjadi hal penting bagi para pebisnis dalam menjalankan usahanya, terlebih di masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini.
Hadir dalam kegiatan Jelajah Virtual UMKM kali ini, yaitu Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala, Sekretaris Pengurus YDBA, Ida R. M. Sigalingging, Bendahara Pengurus YDBA, Handoko Pranoto dan Pemiliki Merchant Toko Pasti Puas sebagai partner YDBA dalam memasarkan produk UMKM, Tania Seena Cahyono.

Dalam sambutannya, Sigit P. Kumala berharap pengalaman bisnis dari H. Nuryaman, Pemilik UD Aneka Loyang maupun Santi Indiryana, Pemilik Bonles Frozen Food, yang mengedepankan inovasi dan kolaborasi dalam usahanya, dapat menginspirasi pebisnis lain untuk menerapkan hal yang sama. Semoga semakin banyak stakeholder lain seperti Toko Pasti Puas yang memberi kesempatan UMKM untuk memasarkan produknya di pasar online,” jelas Sigit.
Sigit pun menambahkan, membuat produk sesuai dengan tren atau kebutuhan customer, memasarkan produk di pasar online dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk memasarkan produk serta bersungguh-sungguh melakukan perbaikan dan meningkatkan kapasitas produksi merupakan hal-hal penting yang dilakukan oleh UMKM agar usaha yang dijalankan tetap eksis dan berkembang.
“Hal ini pulalah yang sampai saat ini dilakukan oleh UMKM Manufaktur binaan YDBA di Tarikolot Bogor, UD Aneka Loyang dan UMKM Kuliner binaan YDBA di Bontang, Kalimantan Timur, Bonles Frozen Food. Keduanya melakukan inovasi dan kolaborasi dalam bisnisnya, hingga kini bisnis tersebut tetap eksis dan menghasilkan omset yang meningkat di tengah kondisi pandemi yang tentu banyak berdampak pada usaha atau bisnis lainnya,” imbuh Sigit lebih lanjut.

Tepat di tanggal, 8 April 2021 melalui Jelajah Virtual UMKM YDBA, Pemilik UD Aneka Loyang, H. Nuryaman dan Pemilik Bonles Frozen Food, Santi Indriyana berbagi pengalaman dalam menjalankan inovasi di bisnisnya.
Dalam acara ini, H. Nuryaman berbagi pengalaman bagaimana mengoptimalkan kesempatan yang diberikan YDBA untuk berkolaborasi dengan salah satu merchant di marketplace, yaitu Toko Pasti Puas dalam meningkatkan omset usahanya sampai 200%, bahkan produknya masuk ke dalam pasar ASEAN, seperti Filipina, Singapura dan Malaysia.
“Yang juga saya lakukan adalah berinovasi membuat produk loyang menggunakan mesin rol untuk meningkatkan produktivitas bisnisnya,” terang H. Nuryaman.
Sedangkan Santy, Pemilik Bonles Frozen Food berbagi pengalaman dengan melihat peluang bisnis di sekitarnya. Bagi Santy, peluang tersebut adalah awal Santy untuk melakukan berbagai inovasi produk yang meningkatkan omset bisnisnya sepanjang pandemi hingga 50 – 100%.