Economic Review
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • BERITA
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • LAINNYA
    • OPINI
    • OTOMOTIF
    • KEBIJAKAN
    • SOSIAL & BUDAYA
    • TEKNOLOGI
    • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • BERITA
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • LAINNYA
    • OPINI
    • OTOMOTIF
    • KEBIJAKAN
    • SOSIAL & BUDAYA
    • TEKNOLOGI
    • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Festival Belanja pada momen Double Days semakin Populer di Indonesia

by Yusniar
December 10, 2020
in BERITA TERKINI, EKONOMI & BISNIS
132 2
0
Festival Belanja pada momen Double Days semakin Populer di Indonesia
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview – Setelah melewati angka keramat dalam penjualan online, yakni 10.10 dan 11.11, kini para peritel harus bersiap menghadapi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Hal ini tak bisa dilepaskan dari perubahan lanskap dan perkembangan yang terjadi saat ini sebagai akibat dari pandemi. Karena itu, peritel perlu memanfaatkan peluang 12.12 tahun 2020 untuk meraih pelanggan dan mendongkrak penjualan.

Criteo S.A, platform periklanan untuk internet terbuka, meluncurkan data musiman dari festival belanja yang sedang tren di Asia Tenggara. Singles’ Day terungkap sebagai acara belanja terbesar tahun ini di Asia Tenggara, sedangkan 12.12 semakin populer di Indonesia.

Data Criteo’s Seasonal Sales Dashboard mencatat ada lebih dari 2 miliar transaksi di 5.000 peritel dari 35 pasar. Dari data ini, Criteo menemukan bahwa Singles Day 2019 mengalami peningkatan 447% dalam penjualan ritel online dan 219% peningkatan traffic ritel online di Asia Tenggara1, dengan data per 1-28 Juni 2019 sebagai data pembanding. Selain itu, Singles Day tahun lalu juga mencatat tingkat konversi tertinggi di kawasan Asia Tenggara, dengan peningkatan sebesar 196% di Indonesia (termasuk in-app).

“Festival belanja di tanggal kembar (Double Day) terus menjadi momen ritel utama untuk wilayah kami. Khususnya, di Indonesia, di mana kami terus melihat rekor baru dalam penjualan ritel online dan traffic ritel pada tanggal ini, setiap tahun,” kata Pauline Lemaire, Director of Account Strategy for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan dalam keterangan persnya pada awal Desember 2020.

Di seluruh Asia Tenggara, Singles Day menjadi acara belanja terbesar di negara-negara termasuk Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Di Indonesia, 12.12 tetap menjadi festival belanja terbesar dan paling diminati diikuti oleh Singles’ Day2. Kondisi ini terlihat dari data bahwa penjualan ritel online dan traffic pada 10.10 meningkat 268% dan 119%. Kemudian saat Single’s Day, penjualan ritel online dan traffic meningkat 196% dan 86%. Sedangkan pada 12.12, penjualan ritel online dan traffic meningkat sebesar 304% dan 157%.

Data Criteo juga mengungkapkan, Double Days berkembang menjadi acara untuk menarik penjualan. Di Indonesia, 7.7 dinyatakan sebagai puncak penjualan yang sedang berkembang tahun ini, dengan peningkatan penjualan ritel 32% dan sebesar 66% pada 8.8. Selama 10.10, wilayah Asia Tenggara mencatat peningkatan penjualan 172% secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan dua minggu terakhir September. Di Indonesia, penjualan meningkat 199%. Di sisi lain, saat 11.11 yang baru-baru ini dilakukan, untuk kawasan Asia Tenggara, Vietnam mengalami kenaikan terbesar (797%) diikuti oleh Malaysia (589%), Singapura (299%), Taiwan (283% dan Indonesia (274%).

Criteo juga mencatat bahwa aplikasi belanja semakin populer di kalangan pengguna di Asia Tenggara. Dalam studi Criteo “Peak to Recovery”, yang mensurvei lebih dari 18.000 konsumen di seluruh dunia pada Mei 2020, sebanyak 49% dari semua pembeli Indonesia mengunduh setidaknya satu aplikasi belanja (ritel, makanan atau toko kelontong / alkohol) selama puncak COVID-19.

“Keadaan unik dalam menanggulangi COVID-19 telah menghasilkan perubahan perilaku konsumen terkait belanja online. Tidak hanya orang yang berbelanja lebih banyak, mereka juga lebih cenderung menggunakan aplikasi untuk retail,” Imbuh Pauline.

“Pada Q3 2020, data kami mengungkapkan bahwa 78% konsumen Indonesia telah mengklik iklan dalam aplikasi dalam 6 bulan terakhir dan 53% dari mereka melakukan pembelian setelah mengklik iklan dalam aplikasi. Dengan pembeli yang sekarang lebih terbuka terhadap pengalaman ritel di dalam aplikasi, peritel harus meningkatkan upaya untuk melibatkan konsumen melalui media ini selama momen ritel utama seperti 12.12 untuk mencapai daya tarik yang maksimum,” ujar Pauline.

Saat ini brand bersiap menghadapi Double Days terutama 12.12 tahun ini. Untuk menghasilkan daya tarik maksimum dari pelanggan, peritel harus menetapkan target audiens yang paling berharga melalui optimalisasi situs web dan kampanye. Selanjutnya, memaksimalkan nilai tambah untuk pelanggan dimana para pelanggan mencari nilai tambah yang maksimal dari setiap pembelian mereka. Terakhir, meningkatkan relevansi iklan baik untuk Single’s Day, terutama untuk Double Days ini. Ini berarti mempertimbangkan waktu penayangan iklan, sebaiknya pada saat konsumen cenderung melakukan pembelian.

Previous Post

Kartika Sukses Meyajikan Kue-kue tradisional di Kelas Premium

Next Post

Kasus Mensos terus Didalami KPK

Related Posts

Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin
BERITA TERKINI

Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin

January 21, 2021
Bappebti Blokir 1191 Entitas Tak Berizin Sepanjang Tahun 2020
BERITA TERKINI

Bappebti Blokir 1191 Entitas Tak Berizin Sepanjang Tahun 2020

January 21, 2021
ADB: Indonesia harus Siap Bertransisi ke Industri 4.0
BERITA TERKINI

ADB: Indonesia harus Siap Bertransisi ke Industri 4.0

January 21, 2021
KCI : Masyarakat Boleh Ikut Uji Coba KRL Solo-Yogyakarta
KEBIJAKAN

KCI : Masyarakat Boleh Ikut Uji Coba KRL Solo-Yogyakarta

January 20, 2021
Banjir Bandang Terjang Puncak Bogor, 134 KK Berhasil Dievakuasi
BERITA TERKINI

Banjir Bandang Terjang Puncak Bogor, 134 KK Berhasil Dievakuasi

January 20, 2021
Banjir Kalsel, Yang Pertama Dalam 50 Tahun Terakhir
BERITA TERKINI

Banjir Kalsel, Yang Pertama Dalam 50 Tahun Terakhir

January 20, 2021
Next Post
Kasus Mensos terus Didalami KPK

Kasus Mensos terus Didalami KPK

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Karena 5 Alasan Ini, Orang Beli Kavling Makam di Al Azhar Memorial Garden

Karena 5 Alasan Ini, Orang Beli Kavling Makam di Al Azhar Memorial Garden

May 20, 2020
Rekomendasi Hotel Murah Ala Sultan

Rekomendasi Hotel Murah Ala Sultan

November 21, 2020
IITA 2020, Jasa Raharja Raih Juara Umum BUMN

Bank SulutGo Torehkan Prestasi Cemerlang Di IITA 2020

November 10, 2020
Implementasi Gerakan #Berjarak, Kemen PPPA Pastikan Hak Perempuan & Anak Terpenuhi

Aktif Kembali, Ini Syarat Wajib Penumpang Lion Air Group

May 10, 2020
Food Station Tjipinang Jaya Kembali Boyong Penghargaan Bergengsi

Food Station Tjipinang Jaya Kembali Boyong Penghargaan Bergengsi

1
Food Station Borong 6 BUMD Marketeers Awards 2020

Food Station Borong 6 BUMD Marketeers Awards 2020

1

Diamond Land Gandeng Bank BRI Permudah Customer Dave Apartment

0
Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin

Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin

0
Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin

Inilah Modus Penipuan Entitas Tak Berizin

January 21, 2021
Bappebti Blokir 1191 Entitas Tak Berizin Sepanjang Tahun 2020

Bappebti Blokir 1191 Entitas Tak Berizin Sepanjang Tahun 2020

January 21, 2021
ADB: Indonesia harus Siap Bertransisi ke Industri 4.0

ADB: Indonesia harus Siap Bertransisi ke Industri 4.0

January 21, 2021
KCI : Masyarakat Boleh Ikut Uji Coba KRL Solo-Yogyakarta

KCI : Masyarakat Boleh Ikut Uji Coba KRL Solo-Yogyakarta

January 20, 2021

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored