EconomicReview – Sebagai salah satu perusahaan BUMN, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) benar-benar menerapkan budaya Akhlak di dalam menjalankan bisnis di bidang jalan tol. Kerja keras ini cukup membanggakan dimana sepanjang tahun 2022, Perseroan mencatat kinerja positif di Tahun 2022.
Hal ini tercermin dari laba bersih Perseroan yang mencapai Rp 2,75 triliun. Perolehan ini meningkat 70,1% dibandingkan dengan Tahun 2021. Peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp13,8 triliun atau tumbuh 17,0% yang merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp12,4 triliun atau naik 15,4% dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp1,4 triliun atau naik 35,2% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.
Kinerja positif ini pula yang menempatkan Perseroan memperoleh Peringkat kedua The Best Indonesia Sales & Marketing Award (ISMA) VI-23 dengan Gold Award (skor 87 – Excellent). Penghargaan bergensi yang diinisiasi oleh EconomicReview ini memperlihatkan bahwa Perseroan telah bekerja keras untuk terus meningkatkan kinerjanya setiap tahun.
Peningkatan ini bisa dilihat dari EBITDA Perseroan yang mencapai Rp 8,7 triliun atau tumbuh sebesar 13,1% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Realisasi EBITDA Margin juga mencapai 63,0% seiring dengan peningkatan kinerja Perseroan.
Jasa Marga juga berhasil menambah konsesi jalan tol di tahun 2022 dengan pengusahaan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,6 Km, sehingga di akhir tahun 2022 total panjang konsesi milik Perseroan mencapai 1.906 Km. Ini termasuk panjang jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sepanjang 96,6 Km. Sementara itu, untuk total jalan tol operasi, Perseroan saat ini mengelola total 50% jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 Km.