Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result

Subscribe Newsletter

Economic Review
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT
No Result
View All Result
Economic Review
No Result
View All Result

Menparekraf Jajaki Prospek Kerja Sama di Sektor Parekraf dengan Japan Tourism Agency

by Opi
March 5, 2024
in SOSIAL & BUDAYA
130 5
0
Menparekraf Jajaki Prospek Kerja Sama di Sektor Parekraf dengan Japan Tourism Agency
Share on FacebookShare on Twitter

EconomicReview-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menggelar pertemuan dengan perwakilan Japan Tourism Agency untuk membahas peluang kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat mendongkrak pergerakan wisatawan antara ke dua negara.

enparekraf Sandiaga dalam Bilateral Meeting di Kantor Japan Tourism Agency, Jepang, Senin (4/3/2024) mengaku terkesan dengan cara Jepang yang mengemas event berskala internasional seperti olimpiade dan konser Taylor Swift. Juga outbond Jepang yang berkualitas, implementasi green tourism, dan community based tourism.

“Indonesia belajar banyak dari Jepang. Terutama mengenai JETRO (Japan External Trade Organization) yang mempromosikan skema satu desa, satu produk,” kata Sandiaga.

Di sisi lain, Menparekraf Sandiaga menyampaikan, Indonesia saat ini juga sedang terus mempromosikan destinasi unggulan di luar Bali seperti Labuan Bajo dan Yogyakarta. Agar pergerakan wisatawan lebih merata ke daerah lainnya.

Jepang sendiri menjadi salah satu negara dengan kontribusi kunjungan wisatawan cukup banyak ke Indonesia. Pada tahun 2023 tercatat ada lebih dari 220 ribu kunjungan dari negara itu.

Menparekraf memproyeksikan kunjungan wisman asal Jepang pada tahun 2024 akan semakin meningkat hingga 500 ribu kunjungan. Untuk mencapai target tersebut, maka diperlukan langkah-langkah kolaboratif dengan Jepang Tourism Agency. 

“Tentunya diperkuat juga dengan kerangka kerja sama seperti MoC (Memorandum of Cooperation) atau MoU (Memorandum of Understanding) antara Jepang-Indonesia, sehingga mendorong adanya manfaat bagi kedua negara,” kata Sandiaga.

Untuk itu, ruang lingkup yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang mulai dari sharing best practice terkait penyelenggaraan event, pengembangan SDM utamanya dalam hal hospitality dan tourism, hingga konektivitas. 

“Melalui kolaborasi tentunya kita harapkan pergerakan wisatawan semakin meningkat dan lapangan kerja juga tercipta,” ujar Sandiaga.

Komisaris Japan Tourism Agency, Ichiro Takahashi, mengatakan terkait pengembangan SDM, Ichiro menilai SDM Indonesia memiliki kemampuan yang luar biasa, dan hal ini bisa menjadi bahan kerja sama ke depan. Terlebih, banyak WNI yang telah bekerja di Jepang terutama di sektor hospitality.

Selain itu, Jepang juga belajar dari Indonesia pada perhelatan G20 2022 dimana Indonesia mengeluarkan dokumen yang membahas Community Based Tourism,” katanya.

Karenanya, Ichiro menyambut baik inisiasi Menparekraf Sandiaga untuk segera membuat MoC/MoU. Ichiro mengungkapkan, Indonesia menjadi mitra penting dalam sektor pariwisata. Dimana Indonesia masuk dalam salah satu destinasi unggulan di Asia Tenggara. 

“Pemerintah Jepang turut berupaya meningkatkan kerja sama pariwisata ke luar negeri termasuk Indonesia,” kata Ichiro.

Tags: #Japantourismagency#kerjsama#menparekraf#sandiagauno
Previous Post

Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 Dimulai

Next Post

Jelang Ramadhan, Kemenparekraf Dorong Hotel Siapkan Paket Diskon untuk Ramadan dan Libur Lebaran

Related Posts

KPK Gandeng IDI untuk Pencegahan Korupsi Sektor Kesehatan
BERITA TERKINI

KPK Gandeng IDI untuk Pencegahan Korupsi Sektor Kesehatan

February 9, 2025
PLN Gandeng Perusahaan Asal UEA, Mubadala Energy untuk Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi
EKONOMI & BISNIS

PLN Gandeng Perusahaan Asal UEA, Mubadala Energy untuk Tingkatkan Pemanfaatan Gas Bumi

November 11, 2024
PNM dan Unilever Kembali Jalin Kerja Sama Jalankan Program Bu Karsa
BERITA TERKINI

PNM dan Unilever Kembali Jalin Kerja Sama Jalankan Program Bu Karsa

October 9, 2024
Menikmati Sensasi Berlayar dengan Kapal Phinisi di Perairan Kepulauan Riau
SOSIAL & BUDAYA

Menikmati Sensasi Berlayar dengan Kapal Phinisi di Perairan Kepulauan Riau

January 4, 2024
Next Post
Jelang Ramadhan, Kemenparekraf Dorong Hotel Siapkan Paket Diskon untuk Ramadan dan Libur Lebaran

Jelang Ramadhan, Kemenparekraf Dorong Hotel Siapkan Paket Diskon untuk Ramadan dan Libur Lebaran

Recent Posts

  • Keren! dr. Ayu Widya Tampil di Billboard Times Square NYC
  • KPPU Segera Seret Dugaan Kolusi di Skandal Tender Pipa Gas Cisem 2
  • Temui Sekjen ISSA, Wamenaker Bahas Penguatan Sistem Jamsos bagi Pekerja Digital
  • BI: Inflasi Mei 2025 Tetap Terjaga
  • Menaker: Pemimpin Visioner harus Mampu Kembangkan Growth dan Future Mindset
  • KPPU Segera Seret Dugaan Kolusi di Skandal Tender Pipa Gas Cisem 2
  • Temui Sekjen ISSA, Wamenaker Bahas Penguatan Sistem Jamsos bagi Pekerja Digital
  • BI: Inflasi Mei 2025 Tetap Terjaga
  • Menaker: Pemimpin Visioner harus Mampu Kembangkan Growth dan Future Mindset

TENTANG KAMI

REDAKSI

BERIKLAN

KONTAK KAMI

© 2020 Economic Review - Powered by Webcorner.id

No Result
View All Result
  • HOME
  • EKONOMI & BISNIS
  • FINANSIAL
  • KEBIJAKAN
  • GAYA HIDUP
  • KORPORASI
  • BERITA TERKINI
  • OPINI
  • SOSIAL & BUDAYA
  • OTOMOTIF
  • EVENT

© 2020 Economic Business Review - Powered by Webcorner.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
sponsored