EconomicReview – Di Semester I Tahun 2023 ini, satu penghargaan bergensi berhasil diraih oleh PT Bank Victoria International Tbk. Penghargaan berupa Platinum Award dengan skor 93,36 (Very Excellent) menempatkan Bank Victoria meraih The Best Indonesia Sales & Marketing Award (ISMA) VI 2023 untuk kategori Bank Company.
Penghargaan bergensi ini merupakan salah satu pendorong kinerja Bank menjadi lebih baik. Sebagaimana diketahui sampai dengan pertengahan Tahun 2023, Bank berhasil mencatatkan performa positif. Hal ini terlihat dari Aset yang mencapai Rp26,78 triliun per 30 Juni 2023, dengan peningkatan sebesar 3,25% dari sebesar Rp25,93 triliun per 31 Desember 2022.
Dari sisi liabilitas pada Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami peningkatan sebesar 2,14% menjadi sebesar Rp19,79 triliun, dari 31 Desember 2022 sebesar Rp19,37 triliun. Demikian pula di sisi aset pada pinjaman yang diberikan meningkat menjadi Rp17,23 triliun per 30 Juni 2023 atau meningkat sebesar 8,92% dari Rp15,82 triliun per 31 Desember 2022.
Pencapaian atas kinerja bisnis dan operasional tersebut mempengaruhi kinerja keuangan Bank yang tercermin diantaranya pada pendapatan bunga bersih per 30 Juni 2023 mencapai sebesar Rp287 miliar dan berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp74 miliar. Pencapaian kinerja keuangan ini turut terkontribusi terhadap peningkatan Modal Inti Bank Victoria yang secara organik tumbuh menjadi sebesar Rp3,25 triliun per 30 Juni 2023 dan sustain yang berada diatas kecukupan modal inti.
Sejalan dengan arah strategi dan kebijakan Bank, maka Bank senantiasa memelihara pertumbuhan rasio-rasio keuangan utama berada pada level sehat. Pada rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) menjadi 20,86% per 30 Juni 2023 dari 19,24% per 30 Juni 2022. Tingkat penyaluran kredit yang ditunjukkan oleh Loan to Deposit Ratio (LDR) meningkat menjadi 87,11% pada 30 Juni 2023 dari 85,29% per 30 Juni 2022 dengan rasio kredit bermasalah yang ditunjukkan oleh rasio Non-Performing Loan (NPL) bruto dan neto pada Semester I Tahun 2023 menjadi masing-masing sebesar 4,08% dan 3,27%.
Saat ini, Bank tengah melaksanakan transformasi digital, yang meliputi Produk dan Layanan Berbasis Digital; Peningkatan Kapabilitas Infrastruktur IT; Penguatan Sumber Daya Manusia; Transformasi Budaya Organisasi; Aliansi dan Kolaborasi Digital; dengan senantiasa mengedepankan penerapan GCG dan Risk Management. Saat ini Bank telah memiliki beberapa produk digital antara lain Internet Banking & Mobile Banking (IBMB) dan Deposito Berjangka Online.