EconomicReview-Bank BNI (Persero) Tbk kembali menorehkan prestasi dengan membawa pulang penghargaan Indonesia Human Capital Award VI-2020 yang di selenggarakan oleh majalah Economic Review, dengan meraih penghargaan 2nd. The Best Human Capital for Bank Company, (sector : Bank-BUKU 4), dengan penilaian Platinum Award ( Score : 90.10).
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan pertumbuhan Bank diketahui senantiasa meningkatkan pelayanan dengan dukungan teknologi informasi dan transaksi perbankan yang memanfaatkan sistem terkini sehingga proses transaksi lebih mudah, cepat dan akurat. Di samping itu, penyediaan produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan market disertai dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki motivasi tinggi dan profesional menjadikan BNI terus melangkah maju guna meraih kepercayaan dari nasabah dan dunia bisnis.
Dalam pengelolaan Persero, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci yang berperan penting dalam mendukung keberhasilan Bank dalam mewujudkan visinya sebagai lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja. Perseroan menetapkan tahun 2019 sebagai tahun Optimizing Productivity and Accelerating Development.
BNI menyadari bahwa percepatan pengembangan kapabilitas pegawai merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk mendukung tercapainya rencana strategis Bank. Karena itu, sepanjang tahun 2019, BNI telah mengimplementasikan berbagai strategi dan pengelolaan SDM yang disesuaikan dengan strategi Bank dalam jangka panjang serta perkembangan industri perbankan yang terjadi saat ini maupun masa yang akan datang.
Sebagai respons atas tantangan yang ada, Bank BUMN ini juga mengimplementasikan Human Capital Architecture (HC Architecture) yang menjadi pedoman dalam pengelolaan sumber daya manusia di Bank. Dalam rangka menerapkan HC Architecture, BNI membutuhkan talent management system yang mendukung terwujudnya seluruh aspek baik dari sisi organisasi maupun pegawai sehingga dapat mewujudkan Employee Value Proposition (EVP) BNI. Sistem pengelolaan human capital, secara garis besar terdiri dari pengembangan karier (talent and sucession), pengembangan kompetensi dan kapabilitas (learning and development) serta apresiasi dan penghargaan atas kontribusi yang diberikan (reward and recognition) yang terintegrasi. Dalam implementasinya, teknologi berperan penting sebagai infrastruktur utama yang mendukung penerapan kebijakan agar lebih efektif dan efisien.
BNI juga secara konsisten menyesuaikan pengelolaan SDM dan mengatasi tantangan di industri perbankan, serta berbagai gangguan dalam era digital yang berpotensi muncul. Fondasi aplikasi digital dalam pengelolaan SDM dilaksanakan secara bertahap, baik dari sisi infrastruktur maupun digital mindset.
Dalam hal peningkatan kapabilitas Human Capital, BNI menempuh berbagai kebijakan yakni memperbaiki kapabilitas RM dalam memberikan total solusi keuangan bagi nasabah dan mengakselerasi kapabilitas leadership untuk mendukung peningkatan bisnis. Sebagai antisipasi terhadap perkembangan industri keuangan masa depan, BNI perlu membangun kapabilitas yang sesuai dengan strategi bisnis dan perkembangan tersebut, antara lain kapabilitas digital, advance analytics dan literasi data untuk membentuk budaya inovasi. BNI berperan dalam meningkatkan kapabilitas talent untuk mendukung strategic partnership antara BNI Group dan fintech.