EconomicReview-Dengan perkembangan Era Digital digital saat ini, PT Solo Murni berkomitment untuk terus berbenah diri meningkatkan kualitas SDM, mempercepat proses dan meningkatkan kualitas produk. Hingga perusahaan sukses melakukan Mapping Process dengan terus mempersiapkan SDM untuk beradaptasi dengan teknologi informasi, dengan peningkatan kompetensi berbasis TI.
Kesuksesan dalam pengelolah SDM ini membuahkan apresiasi dengan diraihnya penghargaan Indonesia Human Capital Award (IHCA) VI-2020, sebagai Top 7 – The Best Human Capital for Non Public Company – 2020, (category : Overall Industries), dengan predikat Gold Award (Score : 87.85). Tak hanya itu penghargaan The Best Human Capital Director in Empower Leader – 2020 turut diberikan kepada Endang Tri K.Sukarso sebagai Human Capital Group Director PT. Solo Murni, karena dinilai telah dengan baik mampu menjalankan tugasnya dalam mengelola SDM di perusahaan.
Dipaparkan Endang Tri K.Sukarso, Sistem MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) PT Solo Murni mencakup tiga hal yang dimulai dari HIRING, DEVELOPING dan RETAINING. Dengan demikian sistem teknologi perusahaan harus mampu mengadopsi dan dapat menerjemahkan secara integrasi yang meliputi lima fungsi, antara lain: Perencanaan SDM (Talent Planning), Pemenuhan SDM (Talent Sourcing), Pemetaan SDM (Talent Profiling), Pengembanga SDM ( Talent Developing) dan Pemeliharaan SDM (Talent Rewarding).
“Dengan system yang terintegrasi, tentunya perusahaan akan lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan SDM nya. Pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi serta inovasi business telah menciptakan sistem SDM yang kompleks, dinamis, dan saling terkait antar sub-divisi baik dalam produk maupun proses di dalam penataan satu Organisasi yang mumpuni dengan populasi karyawan lebih dari 4000 karyawan ini,” terang Endang.
Dilanjutkannya, dalam jangka pendek perusahaan tengah melakukan perbaikan system & manajemen proses bisnis. Hal ini terkait kebijakan dalam melakukan evaluasi terhadap bisnis proses yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Yakni dengan tujuan memperbaiki kualitas layanan (sederhana, terjangkau, nyaman), mendorong inovasi produk dan menghilangkan pemborosan (waste).
Endang pun kembali menekankan, pengunaan sistem informasi yang terintegrasi memudahkan bisnis proses dan akses pelanggan terhadap produk. Oleh karena sistem informasi ini friendly user dan sesuai kebutuhan pelanggan. “Tak hanya itu kami terus meningkatkan pengembangan kualitas SDM untuk memiliki ketrampilan adaptasi terhadap Teknologi Informasi. Karena program jangka panjang perushaan dalam 5 tahun) ke depan adalah menjadi perusahaan berkembang dan besar menuju Tbk,” jelas Endang.

Dilanjutkannya, mempersiapkan pemimpin-pemimpin di Solo Murni untuk masa depan (Future Leader) merupakan komitmen perusahaan dalam pengelolaan pengembangan karier dan perencanaan suksesi perusahaan. Oleh karenannya Untuk memenuhi Era Digital sekarang ini PT Solo Murni telah mempersiapkan kandidat-kandidat yang disebut MTDP (Management Trainee Development Program) yang mampu beradaptasi dengan technology digital, karena teknologi digital diciptakan agar dapat menunjang perusahaan manufacture yang sudah eksis 43 tahun dan mempunyai 15 cabang di Indonesia dengan lebih efisien.
“MTDP inilah yang akan menjadi suksesi perusahaan ke depannya yang mampu mempunyai pola pikir Digital dan bisa beradaptasi dengan lingkungan “Zaman Now” (istilah anak muda sekarang). Komitmen Perusahaan untuk terus mencetak Future Leader dengan rata-rata usia 25-30 tahun yang ke depannya diisi oleh Gen-Milenia (sebutan untuk generasi muda) setiap tahunnya akan siap dan mampu menjadi suksesi perusahan yang terus tumbuh menjadi perusahaan besar dan berkembang selaras dengan Visi Perusahaan,” tutup Endang.